oleh

3 Amalan agar Wafat dalam Kebaikan

PortalMadura.Com – Setiap makhluk yang hidup pasti akan merasakan mati. Salah satu rahasia Allah yang tidak diketahui oleh seluruh manusia yaitu mati. Oleh karena itu, perbanyaklah melakukan kebaikan agar meninggal dengan ara yang baik atau husnul khatimah.

Manusia akan meninggal dengan cara yang berbeda-beda dan tanpa diketahui. Sehingga bagi umat Islam perlu menyiapkan bekal untuk hidup di akhirat nanti.

Dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari akun Youtube Yufid TV, berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan agar meninggal dengan cara yang baik.

Berjalan untuk Menunaikan Salat Berjamaah

Berjalan menuju masjid akan dijaga oleh Allah SWT dan menghapuskan dosa-dosa yang ada di benak manusia.

Berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah bersabda: “Barang siapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR Muslim nomor 666)

Menunggu Salat Sampai Waktu Berikutnya Tiba

Ketika usai salat Maghrib lalu menunggu datangnya waktu salat Isya, dibarengi duduk dan mengaji, Rasulullah bersabda: “Menunggu sholat sampai salat berikutnya sama dengan ribath yaitu berjaga di perbatasan medan perang dalam rangka berjihad di jalan Allah.” (HR Tirmidzi)

Menyempurnakan Wudu di Saat Sulit

Ketika sedang sakit atau cuaca yang sangat dingin, tetap sempurnakan dengan berwudu sebanyak tiga kali seperti wudu Rasulullah SAW dan para nabi.

Allah SWT berfirman: “Siapa yang melakukan itu, maka ia akan hidup dalam keadaan baik dan ia akan meninggal dalam keadaan yang baik.”

Semuanya tidak ada yang tahu kecuali Allah Azza wa Jalla dan sebagai manusia yang cerdas adalah mempersiapkan diri agar dapat kembali kepada-Nya dengan keadaan yang baik. Manusia akan kembali kepada Allah tergantung dengan kebiasaan akhirnya.

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya.” (HR Bukhari nomor 6607)

Semoga ketiga amalan tersebut dapat membantu umat manusia kembali kepada Allah SWT dalam keadaan yang baik. Amiin.

Wallahu a’lam bishawab.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Okezone.com