oleh

3 Hal yang Disunahkan Saat Sembelih Hewan Kurban

PortalMadura.Com – Hari raya Idul Adha merupakan hari besar bagi umat Islam diseluruh dunia. Pada hari raya Idul Adha ini disarankan berkurban bagi yang telah mampu. Di Indonesia hewan yang sering dijadikan sebagai hewan kurban ialah sapi dan kambing.

Saat Anda berkurban, ada tiga hal yang disunahkan saat menyembelih hewan kurban dilansir dari laman Dalamislam.com, Rabu (29/7/2020)

Pertama, hendaknya Penyembelih Hewan Kurban Ialah Pemberi Kurban. Namun jika Anda tidak mampu maka diperbolehkan dilakukan oleh orang lain yang lebih paham, dan disarankan bagi Anda yang berkurban untuk menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban tersebut.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah: Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah SWT, Rabb alam semesta”. (HR. Abu Daud 2810 dan At-Tirmizi 1521)

Kedua, manajamkan pisau yang akan digunakan untuk menyembelih hewan dan menghadap kedepan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat ihsan dalam segala hal. Jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan ihsan, jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihannya.” (HR. Muslim).

iklan 2

Tata cara saat akan menyembelih hewan kurban ialah menghadapkan hewan kurban ke arah kiblat, baringkan dan ikat kaki hewan kurban tersebut. Namun jika Anda berkurban hewan unta maka menyembelih hewan dilakukan dalam keadaan berdiri.

Allah berfirman, “Telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu bagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah…” (QS. Al Haj: 36)

Ketiga membaca bismillah dan zikir saat Anda akan menyembelih hewan kurban. Allah berfirman,

“Janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan.” (QS. Al-An’am: 121).

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, bahwa “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyembelih dua ekor domba bertanduk,…beliau sembelih dengan tangannya, dan baca basmalah serta bertakbir….” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Itulah tiga hal yang disunahkan saat Anda menyembelih hewan kurban, wallahua’lam

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Dalamislam.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar