oleh

36 Tanda-Tanda Hamil Yang Perlu Anda Tahu

PortalMadura.com -Terjadinya kehamilan adalah sesuatu yang telah menunggu pasangan yang sudah menikah. Entah itu baru menikah sampai lama menikah.

Bagi Anda yang baru hamil untuk pertama kalinya, tentu Anda akan merasa bingung dengan kemungkinan munculnya tanda-tanda kehamilan di tubuh. Agar tidak bingung, di sini adalah penjelasan tentang munculnya tanda kehamilan baik kehamilan muda, kehamilan seorang gadis atau anak laki-laki, hingga kehamilan kosong seperti yang dirangkum di PortalMadura.com.

Tanda-Tanda Hamil sebelum haid terlambat

Haid terlambat atau menstruasi memang merupakan salah satu tanda utama kehamilan. Namun, ada juga beberapa gejala lain atau tanda kehamilan yang muncul sebelum Anda terlambat haid. Berikut penjelasannya:

1. Mudah lelah

Merasa mudah lelah tanpa sebab sering muncul di awal gejala kehamilan. Kelelahan umumnya terjadi karena peningkatan kadar progesteron dalam tubuh, peningkatan denyut jantung, dan perubahan sistem metabolisme tubuh. Hindari mengatasi kelelahan dengan mengonsumsi kafein karena dapat membahayakan janin.

2. Sering pusing

Pusing sering menyertai kelelahan yang datang sebagai tanda-tanda kehamilan karena penurunan tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah.

3. Munculnya bercak darah

Terkadang pada tanda-tanda awal kehamilan sering muncul bercak darah yang keluar dari vagina. Bintik-bintik darah yang keluar menjadi tanda melekatkan telur yang dibuahi ke dinding uterus.

4. Sering mual dan muntah

Mual dan muntah sering menjadi tanda utama kehamilan. Ini biasanya terjadi pada pagi hari karena penumpukan asam lambung saat Anda tidur. Untuk mencegah hal ini, jangan biarkan perut Anda kosong dengan makan sedikit demi sedikit tetapi sering.

5. Kehilangan nafsu makan

Meningkatkan kadar hormon di awal kehamilan, seringkali membuat wanita kehilangan nafsu makan.

6. Sembelit

Perubahan hormonal yang menyertai tanda-tanda kehamilan akan menyebabkan sistem pencernaan melambat dan membuat Anda sembelit.

7. Sering buang air kecil

Jika diamati, tanda-tanda awal kehamilan akan membuat wanita buang air kecil lebih sering. Pasalnya, pembesaran rahim akan menekan kandung kemih.

8. Mengubah payudara

Perubahan dalam serangkaian hormon juga membuat payudara menjadi lebih padat, sensitif, dan lebih kencang. Putingnya akan lebih menonjol dan lebih gelap warnanya.

9. Sensitif terhadap aroma tertentu

Munculnya rasa mual karena kepekaan terhadap aroma tertentu terjadi karena indera penciuman lebih tajam dari biasanya.

10. Mood swing

Perubahan mood atau perubahan mood mendadak akan terjadi di awal kehamilan karena perubahan hormonal.

Baca Selanjutnya Tanda Hamil Muda