oleh

4 Cara Cari Kebaikan dan Hikmah dari Musibah

PortalMadura.Com – Hidup di dunia ini tentu tidak akan luput dari yang namanya musibah. Sebab, Allah SWT menguji kesabaran makhluk-Nya dari musibah tersebut. Sayangnya, tidak sedikit dari umat Islam menggerutu dan memaki-maki Allah SWT dengan musibah yang mereka dapatkan.

Dilansir dari Republika.co.id, Kamis (23/1/2020), padahal Islam melarang seluruh umat untuk berburuk sangka kepada Allah karena termasuk dalam perilaku yang dilarang. Sebagaimana firman Allah: “Dan supaya Dia mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang mereka berprasangka buruk kepada Allah. Mereka akan mendapat giliran (kebinasaan) yang amat buruk dan Allah memurkai dan mengutuk mereka serta menyediakan bagi mereka Neraka Jahannam. Dan (Neraka Jahannam) itulah sejahat-jahatnya tempat kembali” (QS. Al-Fath : 6).

Maka dari itu, setelah umat Muslim mengetahui tentang larangan berprasangka buruk kepada Allah, sebaiknya menghindari dan jangan sampai melakukannya. Lebih baik, umat Islam mencari kebaikan dan hikmah yang terjadi dari masalah dan musibah yang dihadapi. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut empat cara mencari kebaikan dan hikmah dari musibah, menurut Ipnu R Noegroho dalam bukunya “The Power of Husnudzon“:

Ikhlas dan Menerima Ketentuan Allah

Apapun yang dihadapi seseorang, baik berat maupun ringan, seharusnya sebagai Muslim yang kuat, Anda harus ikhlas dan tabah menerima ketentuan dari Allah.

“Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa (seseorang) kecuali dengan izin Allah; barangsiapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk ke (dalam) hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu” (QS. at-Taghabun : 11).

Menyadari Ada Keburukan di Balik Sesuatu yang Baik

Banyak orang yang menganggap bahwa sesuatu tampilan yang baik memiliki sesuatu yang baik pula di dalamnya, begitupun dengan tampilan yang jelek. Namun, anggapan seperti itu sudah jelas salah karena yang jelek belum tentu buruk dan yang bagus belum tentu baik.

Baca Juga: Hati-hati, Sifat Pelit Bisa Datangkan Musibah

Menyadari bahwa akan Ada Pengganti

Di balik kedukaan dan musibah yang dihadapi, percayalah akan ada yang lebih baik nantinya untuk menggantikan kedukaan yang telah terjadi. Sebagai hamba Allah, Anda harus menyadari bahwa Allah itu Mahakaya.

Seperti yang tertuang dalam hadis Bukhari dan Muslim: “Apabila Aku memberikan cobaan kepada hamba-Ku dengan (dijadikannya buta) kedua mata yang dicintainya, ia pun bersabar, maka Aku akan menggantinya dengan surga”.

Menyadari bahwa Allah Menakdirkan Segalanya dengan Baik

Hal yang mungkin sering Anda lewati, yaitu menyadari bahwa Allah SWT telah memberikan Anda segala sesuatu dengan sebaik-baiknya. Terkadang Anda merasa kurang, padahal Allah telah memberikan sesuatu tersebut yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Wallahu A’lam.

Rewriter : Salimah
Sumber : republika.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar