Benarkah Cuaca Dingin Bisa Bunuh Libido? Ini Jawabannya

Avatar of PortalMadura.com
Benarkah Cuaca Dingin Bisa Bunuh Libido? Ini Jawabannya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Penurunan libido tidak hanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak baik, namun cuaca dingin juga memengaruhi libido seseorang. Beberapa penelitian pun mengungkapkan, bahwa cuaca dingin mampu ‘membunuh' libido ().

Di suasana tersebut seseorang akan merasa kurang antusias tentang hubungan bercintanya. Apalagi, suhu luar ruangan dapat berperan terhadap gairah bercinta.

“Libido adalah keadaan yang kompleks. Masih banyak peneliti yang tidak tahu tentang hubungan antara libido dan lingkungan (suhu),” kata dokter obstetri dan ginekologi Felice Gersh, seperti dilansir Liputan6.com dari Bustle.

Salah satu kemungkinan penyebab penurunan libido saat cuaca dingin adalah testosteron. Testosteron terbukti memiliki hubungan kuat dengan libido. Semakin banyak testosteron, semakin banyak hasrat seksual yang akan Anda rasakan.

“Di negara-negara empat musim, testosteron cenderung tertinggi pada musim gugur dan terendah selama musim panas,” ujarnya.

Baca Juga: 3 Cara Alami yang Bisa Tingkatkan Gairah Bercinta

“Musim dingin menandai waktu ketika testosteron mulai turun dari puncak musim gugur. Jadi, Anda mungkin merasa relatif kurang termotivasi untuk berhubungan seks saat cuaca dingin” lanjut Gersh.

Sementara estrogen juga memainkan peran yang kuat dalam memengaruhi libido. Penelitian menunjukkan, estrogen cenderung memuncak di musim panas dan lebih rendah di musim dingin pada wanita.

Akan tetapi, tidak semua orang mengalami perubahan tersebut. “Bagi Anda yang menggunakan kontrasepsi hormon terus-menerus, kadar testosteron dan estrogen bisa tetap konstan sepanjang tahun,” terangnya.

Gersh melanjutkan, sinar matahari juga ikut berpengaruh pada libido. “Ketika cuaca dingin disertai dengan hari-hari yang lebih pendek dan sedikit sinar matahari, maka kadar vitamin D kita akan turun. Hal itu dapat menyebabkan tingkat produksi testosteron lebih rendah sehingga menurunkan kadar libido,” lanjutnya.

Beberapa peneliti juga meyakini, bahwa testosteron paling tinggi di musim gugur karena penumpukan vitamin D selama bulan-bulan musim panas. Apalagi, menghabiskan banyak waktu di luar dan di bawah sinar matahari.

Untuk itu, bila Anda mengalami sedikit penurunan libido di kamar tidur, ada ide yang baik sebagai solusinya, yaitu Anda bisa minum cokelat panas, menikmati kebersamaan dengan pasangan, dan menunggu sinar matahari kembali. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.