oleh

4 Keajaiban Rajin Salat Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Seluruh umat Muslim perlu tahu, salat merupakan tiang dalam agama Islam. Sebagaimana yang diriwayatkan dari Anas r.a, Rasulullah bersabda bahwa yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah salatnya, seperti dikutip dari Republika.co.id, Jumat (7/8/2020).

“Yang pertama kali akan dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah salat. Jika salatnya baik maka akan baik pula seluruh amalnya. Jika salatnya rusak maka akan rusak pula seluruh amal perbuatannya”.

Dalam hadis lain, Rasulullah bersabda: “Salat adalah tiang agama, barang siapa mendirikan salat maka sungguh ia telah menegakkan agama (Islam). Dan barang siapa meninggalkannya maka sungguh ia telah merobohkan agama (Islam) itu” (HR Baihaqi).

Maka dari itu, salat adalah kewajiban mutlak yang harus dilakukan bagi umat Islam. Karena bagi orang yang meninggalkan salat kelak akan celaka. Allah SWT berfirman: “Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan salat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui al ghoyya, kecuali orang yang bertobat, beriman dan beramal saleh” (QS. Maryam : 59-60).

Ternyata, salat memiliki banyak keajaiban dan manfaat bagi kesehatan tubuh dalam setiap gerakan salat. Apa saja?. Dilangsir Merdeka.com dari boldsky.com, berikut penjelasannya:

Niat

Gerakan ini merupakan langkah pertama Anda lakukan saat salat. Dengan berdiri tegak dan menempatkan kedua tangan di atas dada Anda, maka pikiran Anda hanya fokus kepada Allah. Anda membersihkan pikiran dari berbagai macam hal buruk. Tidak hanya itu, gerakan ini juga mampu menguatkan fungsi hati, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah di dalam tubuh Anda.

Baca Juga: Manfaat Salat Asar untuk Kehidupan

Rukuk

Rukuk merupakan posisi yang Anda lakukan saat akan sujud. Dengan meletakkan tangan di lutut dan membungkuk, maka sakit punggung Anda bisa disembuhkan. Posisi ini juga mampu meningkatkan fleksibilitas bahu, lutut, dan siku serta memperbaiki masalah pencernaan.

Sujud

Setelah rukuk, maka Anda melakukan sujud. Umumnya, orang hanya mengetahui bahwa posisi ini bermanfaat untuk menyembuhkan migrain. Padahal selain posisi tersebut, sirkulasi darah yang lancar ke otak saat sujud juga mampu meningkatkan fungsi otak. Sujud juga akan mengaktifkan semua kelenjar dalam tubuh yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Salam

Memberi salam adalah hal terakhir yang Anda lakukan saat salat. Dengan menggerakkan leher Anda ke kiri dan ke kanan saat memberi salam, maka masalah leher Anda akan berkurang. Memberi salam juga akan melemaskan otot punggung atas dan leher Anda. Wallahu A’lam.

Rewriter : Siti Maymona Zakiya Putri
Sumber : Berbagai Sumber
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE