oleh

4 Keistimewaan Puasa Sunah Senin Kamis

PortalMadura.Com – Salah satu puasa sunah yang banyak dilakukan umat muslim di penjuru dunia yaitu puasa senin kamis. Ibadah ini tidak hanya melepaskan seseorang dari siksa neraka tapi juga menghindarkan dari berbagai godaan syahwat dunia.

Sehingga puasa senin kamis tidak hanya dikerjakan saat bulan Ramadan saja, tapi juga diluar bulan Ramadan. Selain itu, ada banyak keutamaan dari puasa senin kamis. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman merdeka.com yang dikutip dari islampos.com, berikut beberapa keutamaan puasa senin kamis.

Dibukanya Pintu Surga

Pintu-pintu surga dikatakan akan dibuka pada dua hari, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Pada hari-hari inilah dosa setiap orang akan diampuni, kecuali dua orang mukmin yang sedang bermusuhan.

Dari Abu Harrairah Radiallahu anhu, Rasulullah pernah bersabda : “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

Surga Khusus bagi Orang Berpuasa

Orang-orang yang rajin mengamalkan ibadah puasa, akan memasuki surga khusus yang bernama Ar-Rayyan.

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan: manakah orang-orang yang suka berpuasa? Maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim).

Waktu Diperiksanya Amalan Manusia

Amalan manusia akan diperiksa. Amal-amal manusia akan diperiksa oleh Allah SWT pada kedua hari ini. Hal ini sesuai dengan hadis dari Abu Harrairah Radiallahu anhu, bahwasannya Rasulullah bersabda: “Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim).

Amalan yang Disukai Rasul

Puasa ini termasuk salah satu ibadah yang disukai oleh Rasulullah. Dari ‘Aisyah Radhiallahu anha, ia mengatakan: “Rasulullah sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis”. (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad).

Rasulullah juga menyampaikan alasan beliau berpuasa di kedua hari ini melalui hadis berikut: ‘‘Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.”(HR. At Tirmidzi dan lainnya).

Itulah beberapa keutamaan puasa Senin Kamis yang sebaiknya umat muslim ketahui. Dengan mengetahui keutamaan-keutamaan suatu ibadah, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi setiap umat muslim untuk mengamalkannya.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Merdeka.com

Komentar