oleh

4 Keistimewaan Sedekah di Hari Jumat, Jarang Diketahui Orang

PortalMadura.Com – Hari jumat merupakan hari yang paling utama dalam seminggu. Hari yang penuh dengan keberkahan, maka manfaatkan dengan baik. Pada hari ini, Allah membuka pintu ampunan, doa dikabulkan dan amal baik dijanjikan pahala yang sangat besar. Karena itu, Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak ibadah, zikir, selawat, amal saleh dan sedekah di hari Jumat.

Salamah dari Abu Hurairah r.a, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jumat. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorang pun berdoa kecuali Dia akan mengabulkan doa itu.” [HR.Muslim]

Berikut keutamaan sedekah di hari Jumat, dilansir dari Muslim.okezone.com. Kamis, (30/4/2020):

Setara dengan Pahala Sedekah di Bulan Ramadan

Keutamaan sedekah di hari Jumat dibandingkan dengan hari lainnya, karena sedekah di hari Jumat setara dengan sedekah di bulan Ramadan. Tentunya bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh keberkahan dan bulan yang paling dinantikan oleh umat Islam.

Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya.”

Membuka Pintu Rezeki

Sedekah merupakan jalan untuk membuka pintu rezeki. Jangan takut harta Anda berkurang jika rutin bersedekah, dengan sedekah maka rezeki Anda akan diganti berkali-lipat oleh Allah. Sebagaimana dalam hadis berikut ini:

Menurut Hadis dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini:

Barangsiapa yang orientasinya adalah urusan akhirat, niscaya Allah meletakkan kekayaannya di dalam jiwanya. Sebagaimana Allah juga akan menyatukan urusannya dan kekayaan dunia akan menghampirinya dengan mudah. Namun sebalikya, orang yang orientasinya adalah urusan dunia, niscaya Allah jadikan kemiskinannya ada di depan matanya. Sebagaimana Allah juga mencerai-beraikan urusannya dan tiada kekayaan dunia yang menghampirinya selain yang telah Allah tentukan untuknya.” (HR. At Tirmidzi dan lainnya).

Hari yang Dianjurkan untuk Melakukan Amalan Saleh

Ada beberapa ayat yang menganjurkan untuk melakukan sedekah dan amalan saleh di hari Jumat atau malam Jumat. Perbanyaklah membaca selawat untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Berdasarkan hadis:

“Sesungguhnya hari yang paling afdal adalah hari Jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca selawat untukku. Karena selawat kalian diperlihatkan kepadaku.” (al-Iqna’, 1/170)

Hari Istimewa Dalam Islam

Hari Jumat juga menjadi hari istimewa dalam Islam, dimana nilai dan juga segala macam pahala akan dilipat gandakan, sehingga melakukan sedekah di hari Jumat akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Saya pernah melihat Syaikhul Islam – rahimahullah – apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan diam-diam. Saya pernah mendengar beliau mengatakan, “Apabila Allah memerintahkan kita untk bersedekah sebelum menghadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka bersedekah sebelum menghadap Allah lebih afdal dan lebih besar keutamaannya.” (Zadul Ma’ad, 1/407).

Jadikan budaya bersedekah setiap hari Jumat. Hal yang perlu diingat adalah meskipun keutamaan dari sedekah hari Jumat sangatlah banyak, bukan berarti kita harus menyepelekan beberapa hari yang lain untuk bersedekah. (*)

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Muslim.okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar