4 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan Wajah

Avatar of PortalMadura.com
4 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan Wajah
4 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan Wajah

PortalMadura.com- Daun sirih sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu pengobatan tradisional. Tak hanya untuk kesehatan, ternyata ada berbagai manfaat daun sirih untuk wajah yang menarik sekali Daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman rambat yang memiliki bentuk menyerupai jantung, berujung runcing, dan tumbuh berselang seling.

Ketika diraba, daunnya terasa kasar dan ketika disobek daun akan mengeluarkan bau yang sedap aromatis.untuk disimak. Anda bisa memperoleh manfaat ini bila menggunakannya sebagai masker wajah.

Terdapat dua jenis daun sirih yang dikenal di Indonesia, yakni daun sirih hijau (Piper Betle L.) dan daun (Piper crocatum Ruiz).

Keduanya sudah banyak diteliti dan teruji memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk bagi kulit wajah.

4 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan Wajah

Daun sirih terbukti memiliki beberapa kandungan aktif yang melimpah. Namun, yang kandungannya paling banyak adalah saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri.

Berdasarkan kandungan tersebut, berikut adalah berbagai manfaat daun sirih untuk wajah.

1.Mengobati Jerawat

Salah satu manfaat daun sirih untuk wajah dipercaya untuk mengobati jerawat. Terutama, bila Anda menggunakan daun sirih hijau.

Hal ini karena daun sirih sudah terbukti secara ilmiah memiliki sifat antibakteri yang sangat kuat terhadap salah satu bakteri penyebab jerawat, yakni Propionibacterium acnes.

Sebenarnya, bakteri tersebut tidak merugikan kulit wajah Anda dalam kondisi normal alias bersih dan bebas dari kotoran yang menyumbat pori-pori.

Hanya, ketika kelenjar keringat dan kelenjar sebasea menghasilkan air, asam amino, urea, garam, dan asam lemak, bakteri ini seperti mendapat nutrisi untuk merusak wajah Anda dengan menumbuhkan jerawat meradang.

Cara menggunakan daun sirih untuk jerawat, Anda hanya membutuhkan larutan daun sirih dengan konsentrasi 20 mg/ml.

Manfaat rebusan air daun sirih untuk wajah ini diyakini karena tanaman tersebut mengandung fenol dan turunannya, terutama tanin, flavonoid, dan saponin, yang diketahui sebagai antibakteri.

2. Menyembuhkan luka

Sebuah artikel ilmiah yang dimuat dalam laman resmi Universitas Airlangga mengemukakan manfaat daun sirih untuk wajah untuk menyembuhkan luka ringan di wajah, seperti luka gores, akibat infeksi bakteri Staphylococcus aureus.

Manfaat air daun sirih untuk wajah ini bisa didapat melalui penggunaan daun sirih merah.

Daun sirih merah diketahui memiliki kandungan, seperti flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan minyak atsiri, yang bertindak sebagai antibakteri pada kulit.

Saponin berfungsi sebagai antiseptik yang mempercepat proses penyembuhan luka sehingga mencegah kemungkinan terjadinya infeksi bakteri pada luka tersebut.

3. Mengatasi alergi atau rasa gatal dikulit

Manfaat daun sirih untuk wajah lainnya adalah mengatasi alergi atau rasa gatal di kulit.

Cara menggunakan daun sirih untuk wajah untuk atasi alergi, cukup hancurkan beberapa lembar daun sirih dan ambil ekstrak jusnya. Kemudian, campurkan dengan sedikit bubuk atau parutan kunyit.

Setelahnya, Anda bisa mengoleskan masker daun sirih ini pada area kulit yang mengalami alergi atau terasa gatal.

Baca Juga: Manfaat Sirih Merah untuk Diabetes

4. Mencerahkan kulit

Penelitian lain menyebutkan bahwa krim wajah yang mengandung daun sirih dapat mencerahkan wajah pada kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Contohnya adalah orang yang memiliki flek, melasma, dan solar lentigo.

Penelitian juga menemukan bahwa krim dengan kandungan daun sirih dapat mengurangi produksi melamin (pigmen kulit), membuat kulit lebih kenyal, serta lebih sehat.

Manfaat ini bisa dirasakan berkat kandungan hydroxychavicol, yaitu komponen unik yang didapatkan dari ektraksi daun sirih. Hydroxychavicol memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatkan elastisitas kulit serta mencerahkan kulit.

Meski penggunaan daun sirih sebagai bahan alami tergolong aman, segera bilas wajah jika mengalami kemerahan, gatal, atau reaksi iritasi lainnya.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai cara memutihkan kulit yang aman atau mengenai manfaat bahan alami sebagai bahan pencerah kulit, termasuk daun sirih.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.