oleh

5 Aktivitas yang Dilakukan saat Berpuasa

PortalMadura.Com – Puasa Ramadan sudah tiba! Tentunya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar puasa tahun ini lebih berkah dan bermakna, seperti kesiapan fisik, ilmu seputar puasa dan zakat, serta target harian selama bulan Ramadan. Selama ramadan seorang muslim diwajibkan menahan haus dan lapar dari pagi hingga sore.

Tidak ayal, rasa lemas pun kerap mendera dan membuat seseorang lebih memilih tidur. Meskipun tidur saat puasa tergolong sebagai ibadah, akan tetapi ada baiknya kalau Anda memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan aktivitas lainnya. Dengan berpuasa bukan berarti menghalangi Anda untuk melakukan kegiatan sehari-hari atau dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dan tidur seharian.

Namun, harus Anda ingat bahwa sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Banyak aktifitas bermanfaat dan mengasyikkan yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu luang saat berpuasa. Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk Anda mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Dilansir fimela.com dikutip dari laman thedailycrisp, berikut ini adalah beberapa aktiftas yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu luang saat berpuasa.

Berbelanja Online
Di saat mewabahnya virus corona (Covid-19), Anda diharuskan untuk tetap dirumah saja. Untuk mengisi waktu luang, Anda dapat berbelanja online di toko online favorite Anda. Tidak hanya berbelanja pakaian, makeup ataupun barang-barang yang Anda suka, juga dapat berbelanja makanan favorit untuk menu berbuka nanti.

Memperbanyak Ibadah dan Amal
Bulan Ramadan adalah bulan yang suci. Disaat Ramadan, ada baiknya Anda lebih giat beribadah dan beramal. Anda dapat memperbanyak membaca Alquran maupun salat-salat sunah. Saat ini, untuk membayar zakat pun sudah banyak yang melalui online tanpa perlu Anda keluar rumah.

Membaca
Selain membaca Alquran di bulan suci, Anda juga dapat membaca buku-buku favorit Anda untuk mengisi waktu luang. Juga dapat menggunakan waktu luang saat Ramadan untuk pengembangkan diri dan mendapatkan ilmu lebih lewat buku-buku yang Anda baca.

Olahraga Ringan
Berpuasa tidak menjadi halangan untuk Anda tetap berolahraga. Anda dapat berolahraga ringan seperti yoga, treadmill ringan, latihan beban, ataupun sambil membersihkan rumah. Ada baiknya untuk berolahraga pada saat sore hari mendekati waktu berbuka puasa untuk menghindari kondisi lemas yang terlalu lama.

Menonton Film
Sambil menunggu waktu berbuka puasa, menonton film mungkin adalah kegiatan yang paling Anda sukai. Anda dapat menonton film sambil bersantai bersama keluarga dan menikmati film yang dipilih.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar