5 Cara Lindungi Anak dari Aneka Kejahatan Ala ‘Rasulullah’

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Lindungi Anak dari Aneka Kejahatan Ala 'Rasulullah'
ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua orang tua memiliki tanggung jawab untuk -anaknya dari dan segala macam bahaya. Baik itu dari kejahatan yang terlihat maupun yang tidak tampak.

pun menasihati umatnya tentang bagaimana melindungi anak-anak mereka. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut ini uraiannya:

Memanjatkan Doa untuk Memohon Perlindungan
Untuk mendapatkan perlindungan dari Allah bagi Hassan dan Hussein, Rasulullah berdoa: “Audzu bi kalimaatillahit taammati min kulli syaithonin wa haammatin wa min kulli ‘ainin laammatin.” Artinya: aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracun dan dari pengaruh ‘ain y.ang buruk” (HR. Bukhari, no. 3371).

Disarankan membaca doa ini kepada anak-anak Anda di pagi hari, malam dan sebelum meninggalkan rumah.

Membaca Tiga Surah Terakhir Alquran dan Ayat Kursi
Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas dikenal karena sifat pelindungnya. Bacalah ketiga surah ini ke tangan Anda dan seka di atas anak-anak sebelum mereka tidur.

Diriwayatkan dari Aisyah: “Ketika Rasulullah pergi tidur setiap malam, dia memegang tangannya bersama dan meniup ke dalamnya surah Qul Huwa Allah Ahad, Qul a'udhu bi rabb il-falaq dan Qul a'udhu bi rabb in-nas. Lalu dia akan menyapu bersih semua yang ada di tubuhnya, dimulai dengan kepala dan wajahnya dan bagian depan tubuhnya, dan dia melakukannya tiga kali” (HR Bukhari 5017).

Membaca Surah Al-Baqarah
Membaca surah Al-Baqarah dikenal untuk menjauhkan setan dari rumah. Karena banyak gangguan yang bersifat gaib (mata jahat, sihir, santet). Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Jangan buat rumah Anda seperti kuburan, karena setan akan kabur dari rumah yang sering dibacakan Sura al-Baqarah” (HR Muslim, 780).

Sahl ibn Sa'd berkata bahwa Rasulullah bersabda: “Semuanya memiliki punuk (atau puncak yang tinggi), dan Al-Baqarah adalah puncak tertinggi Quran. Siapa pun yang membaca Al-Baqarah di malam hari di rumahnya, maka setan tidak akan memasuki rumah itu selama tiga malam. Siapa pun yang membacanya selama sehari di rumahnya, maka Setan tidak akan memasuki rumah itu selama tiga hari” (HR At-Tabarani).

Ajarkan Adab di Toilet
Toilet adalah area kotoran dan jin tertarik ke tempat-tempat kotor seperti itu. Rasulullah mengajarkan Anda cara untuk melindungi diri Anda dari pengaruh jin dan potensi bahaya ketika menggunakan kamar mandi. Penting untuk mengajarkan adab ini kepada anak-anak Anda sejak usia dini.

Melarang Anak-anak Bermain di Luar Rumah saat Magrib
Rasulullah menganjurkan para orang tua untuk tidak mengizinkan anak-anaknya berada di luar rumah ketika waktu Magrib. Karena iblis keluar pada waktu Magrib. Orang tua perlu menjaga anak-anaknya di dalam ruangan tiga puluh menit sebelum dimulainya salat Magrib, dan satu jam setelah Magrib.

Rasulullah bersabda: “Ketika malam tiba, jaga anak-anak kalian di dalam rumah, karena setan sudah keluar pada waktu itu. Ketika satu jam malam berlalu, kalian bisa membiarkan mereka pergi” (HR Bukhari dan Muslim).

Selain itu, dalam hadis lain Rasulullah bersabda: “Jangan keluarkan ternak dan anak-anak kalian ketika matahari terbenam sampai kegelapan malam turun, karena memang setan keluar ketika Matahari terbenam sampai kegelapan malam tiba” (HR Muslim).

Juga dianjurkan untuk menutup makanan dan minuman, dan menutup pintu serta tirai rumah pada waktu Magrib. Sebagaimana sabda Rasulullah: “Tutuplah piring, bejana, dan jaga anak-anak kalian di dalam rumah saat malam tiba, karena Jin sedang keluar dan mengintai” (HR Bukhari).

Untuk itu, dalam segala hal Rasulullah telah memberikan nasihat terbaik dan terlengkap. Rasulullah adalah contoh terbaik dalam melindungi anak-anak Anda dari kejahatan di dunia ini. Wallahu A'lam. (islampos.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.