oleh

5 Cara Supaya Rutin Puasa Senin Kamis

PortalMadura.Com – Selain puasa wajib, dalam Islam juga terdapat beberapa macam puasa sunah. Salah satunya, yaitu puasa sunah Senin Kamis. Selain mendapatkan pahala dari Allah SWT, mengerjakan ibadah ini juga ampuh untuk melatih menahan hawa nafsu.

Hanya saja, saat menjalankan puasa Senin Kamis terkadang banyak godaan dan terasa lebih berat dibandingkan puasa wajib bulan Ramadan. Hal ini pun wajar terjadi, karena setan akan terus mengganggu dan menghalangi segala bentuk kebaikan manusia.

Dikatakan dalam sebuah hadis, bahwa: “Rasulullah biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739).

Baca Juga: Umat muslim, Manfaat Puasa Senin Kamis yang Perlu Anda Ketahui

Nah, berikut ini lima cara supaya rutin puasa Senin Kamis, melansir dari laman Okezone.com, Rabu (28/8/2019:

Baca dan Niatkan Diri Anda untuk Sungguh-sungguh

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan. Maka barang siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari hadis di atas dapat diambil kesimpulan, bahwa setiap aktivitas tergantung dari niatnya. Jika niat Anda benar-benar berpuasa, apapun godaannya Anda akan tahan sampai waktu berbuka. Sesuatu yang tidak dijalankan dengan sungguh-sungguh, pasti tidak akan berjalan dengan baik dan hasilnya pun tidak akan maksimal. Demikian pula dengan puasa sunah, jika tidak diiringi dengan kesungguhan Anda pun akan merasa sulit menghadapi segala rintangan.

Adapun niat berpuasa sunah saat Senin dan Kamis, yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta’ala.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah ta’ala.

Mengajak Orang-orang Terdekat

Menjalankan puasa Senin Kamis akan terasa lebih berat dibandingkan puasa Ramadan. Hal ini bisa terjadi karena tidak semua umat Muslim melakukan ibadah puasa sunah seperti ini.

Untuk itu, dengan mengajak orang terdekat seperti keluarga, saudara, atau teman untuk ikut berpuasa sunah bisa membuat Anda lebih kuat. Selain itu, Anda juga mendapatkan pahala karena telah mengajak orang lain berbuat kebaikan.

Sahur

Makan sahur merupakan salah satu sunah puasa yang jika dilakukan akan mendapat pahala dan keberkahan. Jangan lewatkan sahur jika Anda memiliki aktivitas yang bertumpuk dan beragam. Bersahurlah agar tubuh Anda tidak lemas seharian. Siapkan menu sahur bergizi yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein tinggi.

Minumlah Air Putih 2-4-2

Saat berpuasa, rasa haus dan dehidrasi memang kerap kali susah untuk ditahan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba minum air putih 8 gelas di malam harinya. Caranya agar Anda tidak merasa kembung, minumlah dengan pola 2-4-2. Yaitu konsumsi air putih 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat akan tidur malam, dan 2 gelas lagi saat sahur.

Pikirkan Manfaat dari Puasa

Umumnya, ketika seseorang mengetahui manfaat dan hasil yang didapat dari suatu hal yang mereka kerjakan, biasanya mereka akan semakin bersemangat dan terus ingin melakukan aktivitas tersebut.

Begitu pula, bila Anda mengetahui rahasia dan keutamaan yang didapatkan dari berpuasa sunah. Anda pasti akan antusias dalam menjalankannya dan tidak mudah berhenti meski harus melawan lapar dan dahaga, serta hawa nafsu yang dapat membatalkan puasa. Selain itu, pikirkan pula bahwa puasa juga bisa menghemat pengeluaran Anda.

Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar