oleh

5 Fakta Tentang Retinol Menurut Dokter Kulit

PortalMadura.Com – Di dunia kecantikan saat ini, penggunaan retinol kian populer di kalangan kaum hawa. Pasalnya, khasiat anti-aging yang terkandung dalam bahan aktif ini dipercaya sebagai perawatan untuk antipenuaan, melansir dari Merdeka.com, Kamis (9/1/2020).

Jika Anda termasuk pengguna produk kecantikan yang terpikir untuk mencoba retinol, Anda tidak boleh sembarangan menggunakannya. Kenali terlebih dahulu manfaat dan risiko yang melekat di balik penggunaan produk berbahan retinol.

Nah, berikut ini lima fakta tentang retinol yang wajib diketahui menurut dokter kulit, seperti dikutip dari Newbeauty.com:

Ada Risiko Iritasi saat Inisiasi Produk

Sebelum menggunakannya, ketahuilah apa manfaat dari retinol yang sebenarnya dan efek samping negatif yang mungkin terjadi. Meskipun memiliki manfaat jangka panjang, penggunaan retinol di awal juga bisa menyebabkan munculnya kemerahan, kekeringan, dan iritasi.

Jangan Langsung Digunakan Secara Rutin

Penggunaan retinol untuk pertama kalinya harus dilakukan secara perlahan, agar meminimalisir kekeringan dan iritasi. Gunakan retinol setiap 3 atau 4 malam sekali, tingkatkan secara bertahap, dan sesuaikan dengan reaksi, serta toleransi kulit Anda sendiri.

Gunakan Secukupnya Saja

Retinol tidak boleh digunakan secara berlebihan dan terlalu banyak, karena dapat menyebabkan iritasi. Sebaiknya gunakan retinol seukuran kacang hijau untuk lapisan tipis di seluruh permukaan kulit wajah.

Baca Juga: Si Kulit Kering dan Sensitif, Begini Cara Terbaik Aplikasikan Retinol

Seimbangkan dengan Penggunaan Pelembap

Dua keluhan utama dari mereka yang rutin menggunakan retinol adalah kulit mengelupas dan kering. Solusinya adalah Anda harus rutin melembapkan kulit setelah menggunakan retinol.

Konsultasikan dengan Dokter Jika Ingin Tingkatkan Dosis

Ketika Anda ingin meningkatkan kadar retinol dari produk yang Anda gunakan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit. Toleransi dari setiap kadar retinol tentu akan memiliki efek yang berbeda di kulit.

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar