oleh

5 Manfaat Luar Biasa Ubi Kuning Bagi Kecantikan

PortalMadura.Com – Ubi jalar merupakan salah satu tanaman merambat yang banyak tumbuh di Indonesia. Ubi jenis ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya juga punya manfaat penting untuk kecantikan.

Perlu diketahui, untuk kesehatan ubi jalar dikenal sebagai sumber karbohidrat yang sangat baik. Selain mengandung zat tepung, khususnya yang memiliki daging berwarna kuning dan orange juga mengandung Omega 3, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Vitamin yang terkandung di dalamnya lumayan lengkap, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Sementara ubi jalar yang berwarna kuning cenderung jingga menandakan tingginya kandungan beta-karoten dan antosianin di dalamnya. Beta-karoten dan antosianin ini berperan penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Nah, berikut ini lima manfaat ubi jalar atau kuning untuk kecantikan, dilansir Merdeka.com yang mengutip dari Style Craze:

Menjaga Elastisitas dan Kecantikan Kulit

Vitamin C yang ada dalam ubi jalar cukup tinggi. Vitamin C ini dibutuhkan untuk memproduksi kolagen yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit. Selain vitamin C yang ada di dalamnya, juga terdapat vitamins A dan vitamin E
yang berfungsi menjadikan kulit lebih indah dan sehat. Oleh karena itu, rajin-rajinlah Anda untuk mengonsumsi ubi jalar.

Baca Juga : Manfaat dan Dampak Buruk Masker Sperma Bagi Perawatan Kecantikan

Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat lain dari ubi jalar juga bisa dijadikan sebagai masker yang berfungsi untuk mengatasi kulit berminyak dan melembapkan kulit serta mencegah penuaan dini. Caranya, rebus ubi jalar, biarkan hingga dingin lalu haluskan. Tambahkan satu sendok makan madu dan gunakan untuk masker di wajah Anda. Kemudian, biarkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air.

Meningkatkan Tekstur Kulit

Ketika Anda merebus ubi jalar, jangan buang air rebusannya. Sebab, air rebusan ubi jalar mengandung nutrisi yang dapat membantu meningkatkan tekstur kulit sekaligus bisa membersihkannya.

Caranya, saring air rebusan ubi jalar, lalu simpan di dalam botol, dan letakkan di lemari es untuk mendinginkan. Gunakan air ubi jalar ini sebagai toner untuk kulit wajah. Toner alami ini akan membantu menyerap kotoran, membersihkan pori-pori, dan menenangkan kulit yang teriritasi.

Menghaluskan Tumit

Jika Anda memiliki kulit di kaki dengan tumit yang pecah-pecah dan kering, maka gunakan air rebusan ubi jalar itu untuk menghaluskannya. Dengan cara, biarkan air rebusan tersebut sampai tidak terlalu panas, kemudian rendam kaki Anda di dalamnya.

Mengatasi Lingkaran Gelap dan Mata Bengkak

Tidak hanya mentimun atau kandungan teh celup yang bisa mengatasi kantung mata yang bengkak dan lingkaran gelap di bawah mata yang membandel, ubi jalar juga bisa mengatasi hal itu.

Caranya, ambil potongan ubi jalar segar yang sudah didinginkan kemudian tempelkan di bagian bawah mata Anda. Diamkan selama beberapa menit agar nutrisinya terserap kulit. Selamat mencoba!

Rewriter : Azizah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar