oleh

5 Manfaat Sayur Kale yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Kale adalah jenis sayuran yang berdaun hijau yang tergolong dalam keluarga kubis seperti brokoli, kembang kol, dan sawi. Tidak diragukan lagi, sayur kale adalah ratunya para sayuran hijau yang paling banyak mengandung nutrisi.

Dalam satu gelas kale mentah mengandung 33 kalori, 3 gram protein, 2,5 gram serat, vitamin A, vitamin K, vitamin C, hingga magnesium. Kale terdiri dari berbagai jenis, ada kale yang berdaun keriting, kale berdaun datar, atau bahkan kale yang berwarna hijau kebiruan dan masing-masing jenis kale mempunyai rasa yang berbeda-beda.

iklan pilbup

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Selasa (21/7/2020) berikut manfaat kale untuk kesehatan tubuh.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Vitamin K yang terkandung pada kale ternyata memenuhi sekitar 680 persen kebutuhan vitamin K dalam satu hari. Jika Anda memasak kale dengan cara merebus dan tidak menambahkan garam ketika proses memasak, maka nilai vitamin K pada kale meningkat hingga 1300 persen.

Penelitian yang dilakukan selama 10 tahun pada 4.500 pasien usia dewasa, membuktikan bahwa terdapat penurunan risiko kematian pada pasien penyakit jantung jika diberikan extra suplementasi vitamin K. Namun jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah, seperti warfarin, Anda sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter, sebanyak apa vitamin K yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit mengerikan yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Dalam hal ini, kale mengandung senyawa yang diyakini bisa menangkal kanker.

Menurut penelitian, kale mengandung sulforaphane atau sejenis molekul gula yang terbukti bisa membantu melawan pembentukan kanker pada tingkat molekuler. Kale juga mengandung indole-3-carbinol, suatu zat yang diyakini bisa membantu mencegah kanker.

Menjaga Kesehatan Mata

Kale juga mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A dikenal sangat baik untuk kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan berperan dalam pembentukan sel.

Penelitian yang dilakukan di National Institute of Health menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A secara rutin, akan terhindarkan dari risiko terkena berbagai penyakit mata dan menjaga kemampuan penglihatan. Selain itu, kale memiliki berbagai jenis warna seperti, hijau, putih, ungu, dan hijau kebiruan yang disebabkan karena zat lutein dan zat ini baik untuk menjaga fungsi mata.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kale kaya akan mineral yang baik untuk tubuh. Salah satunya, mengandung kalsium nabati. Hal ini beperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan semua jenis fungsi seluler.

Satu gelas kale mengandung 101 mg kalsium, tidak banyak sayuran yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi seperti kale. Oleh karena itu, mengonsumsi kale secara rutin dapat meningkatkan kesehatan tulang.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kale rendah kalori, walaupun masih memberikan jumlah kalori yang signifikan untuk membuat seseorang merasa kenyang. Meskipun begitu kandungan air pada kale juga tinggi. Kale juga memiliki kepadatan energi yang rendah.

Mengkonsumsi sayuran atau makanan yang memiliki kepadatan energi rendah bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kale juga mengandung dua nutrisi terpenting dalam menurunkan berat badan, yaitu protein dan serat.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar