5 Manfaat Wudu Sebelum Tidur dalam Islam

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Wudu Sebelum Tidur dalam Islam
Ilustrasi (Bandung kita)

PortalMadura.Com – Wudu merupakan amalan yang wajib dilakukan sebelum melaksanakan salat. Namun, menyucikan tubuh dari najis tidak hanya ditunaikan saat akan salat tapi juga ketika akan . Hal ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Berwudu sebelum tidur ternyata mempunyai beberapa keutamaan. Lantas apa saja keutamaannya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, yang dikutip dari kanal YouTube NS BOR Channel, berikut beberapa keutamaan berwudu sebelum tidur:

Didoakan oleh Malaikat

Keistimewaan pertama yaitu bagi Muslimin yang wudu sebelum tidur adalah sepanjang malam dirimu akan didoakan oleh malaikat! Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudu) maka malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya malaikat itu akan berucap: ‘Ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci'.” (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar)

Bersih dari Noda Dosa

Membersihkan tubuh dari noda dosa menjadi keistimewaan dalam berwudu. Jadi apabila seseorang melakukannya sebelum tidur, tentu ia mendapat keuntungan tersendiri.

Hal ini sebagaimana hadis: “Apabila seorang Muslim atau mukmin berwudu kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudu atau bersama akhir tetesan air wudu. Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudu atau bersama akhir tetesan air wudu. Apabila ia mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudu atau bersama tetesan akhir air wudu, hingga ia selesai dari wudunya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa.” (HR Muslim Nomor 244)

Anggota Tubuh Bercahaya saat Kiamat

Bagi Muslimin yang rutin menjaga wudu niscaya anggota tubuh Anda akan bercahaya saat hari kiamat kelak. Keistimewaan tersebut tertuang dalam dua hadis berikut:

“Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudu.” (HR Al Bukhari Nomor 136 dan Muslim Nomor 246)

“Tahukah kalian bila seseorang memiliki kuda yang berwarna putih pada dahi dan kakinya di antara kuda-kuda yang yang berwarna hitam yang tidak ada warna selainnya, bukankah dia akan mengenali kudanya? Para shahabat menjawab: ‘Tentu wahai Rasulullah.' Rasulullah berkata: ‘Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudu mereka'.” (HR Muslim Nomor 249)

Mengangkat Derajat di Sisi Allah SWT

Keistimewaan berwudu selanjutnya sehingga Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk melakukannya sebelum tidur adalah seseorang akan diangkat derajatnya di sisi Allah SWT jika mengamalkannya.

Rasulullah bersabda: “Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya. Para sahabat berkata: ‘Tentu, wahai Rasulullah.' Kemudian Rasulullah SAW bersabda: ‘Menyempurnakan wudu walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu salat setelah salat, maka itulah yang disebut dengan ar-ribath.” (HR Muslim)

Dikabulkan Permintaannya

Apabila sedang mengalami sebuah hari yang sulit, cobalah menutupnya dengan berwudu sebelum tidur. Hal ini karena seseorang yang mengambil air wudu sebelum terlelap semalaman akan dikabulkan doanya. Dalam riwayat sahabat Mu'adz bin Jabal dijelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah seorang Muslim tidur di malam hari dalam keadaan dengan berzikir dan bersuci, kemudian ketika telah terbangun dari tidurnya lalu meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan pasti Allah akan mengabulkannya.

” Wallahu a'lam bishawab.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.