5 Sikap Rasulullah Ketika Ada Orang Sakit

Avatar of PortalMadura.com
5 Sikap Rasulullah Ketika Ada Orang Sakit
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sakit, pasti pernah dirasakan semua manusia tidak terkecuali Nabi Muhammad SAW. Penyakit yang dirasakan bermacam-macam, seperti sakit kepala, diabetes, jantung, asam urat dan lain sabagainya.

Dalam semua hal Rasulullah patut dijadikan teladan, seperti halnya bersikap pada . Lantas bagaimana sikap Rasulullah pengikutnya yang sakit?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (28/1/2020) dari laman okezone.com yang dikutip laman NU Online. Beriku ini penjelasannya:

Menjenguk

Nabi Muhammad selalu meluangkan waktu untuk menjenguk sahabatnya yang sedang sakit. Meski tengah sibuk sekali pun, jika mendengar kabar salah seorang sahabatnya sakit, maka ia langsung mendatanginya.

Apa yang dilakukan Nabi Muhammad itu bukan lah sebuah beban atau keterpaksaan, namun sesuatu yang harus ditunaikan seorang Muslim. Dalam satu hadis, Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa hak Muslim atas Muslim lainnya itu ada lima, di antaranya adalah menjenguk orang sakit.

Selain itu, tujuan Nabi Muhammad mendatangi orang sakit yaitu untuk membahagiakan orang tersebut dan keluarganya. Bagaimana tidak, seorang sahabat akan sangat senang manakala dikunjungi. Bagi seorang sahabat, kedatangan Nabi Muhammad merupakan suatu berkah tersendiri.

Memberi Kabar Gembira

Ketika mengunjungi orang sakit, Nabi Muhammad juga menyampaikan kabar gembira kepada yang bersangkutan. Kata Nabi, orang sakit akan mendapatkan pahala atas penyakit yang menimpanya dan dosa-dosanya akan dihapus dengan sakitnya. Hal ini pernah diutarakan Nabi Muhammad ketika mengunjungi Ummul Ala atau Ummu Kharijah binti Zaid bin Tsabit.

Mendoakan

Ketika menjenguk orang sakit, Nabi Muhammad selalu berdoa agar Allah memberikan kesembuhan dan mengangkat penyakitnya. Terkadang Rasulullah juga menyertakan doa pengampunan dosa dan perlindungan agama untuk mereka yang sedang sakit.

Ada banyak doa yang disampaikan Nabi Muhammad untuk sahabatnya yang sakit. Di antaranya yaitu doa Rasulullah ketika menjenguk sahabat Salman al-Farisi berikut:

“Semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

Baca Juga: Malik Serahkan Formulir Bacabup ke Partai Demokrat Sumenep

Meringankan Beban Orang Sakit

Nabi Muhammad sadar bahwa orang sakit itu payah. Oleh karenanya, ia memberikan keringanan kepada orang sakit. Misalnya, ia meminta sahabat perempuan Rufaidah untuk mengobati Sa'ad bin Muadz yang terkena anak panah pada saat Perang Khandaq.

Rufaidah merupakan seorang yang memiliki kemampuan untuk menangani orang yang sakit. Sebaliknya, Nabi Muhammad ‘marah' ketika ada seseorang yang memperketat suatu hukum terhadap mereka yang tengah sakit. Terkait hal ini, ada cerita dari Jabir bin Abdullah.

Diriwayatkan bahwa suatu ketika Nabi dan teman-temannya berada dalam satu perjalanan. Di tengah jalan, ada satu di antara mereka yang kepalanya terkena batu. Singkat cerita, orang yang kepalanya terkena batu tersebut mimpi basah. Dia bertanya kepada teman-temannya yang lain, apakah ada keringanan baginya untuk bertayamum, sebagai pengganti mandi besar.

Teman-temannya menjawab bahwa tidak ada keringanan baginya. Orang tersebut kemudian mandi dan kemudian meninggal dunia. Mendengar hal itu, Nabi Muhammad ‘marah.' Kata Nabi, orang-orang yang menjawab ‘tidak ada keringanan' tersebut seharusnya bertanya manakala tidak tahu. Jangan menjawab sesuatu yang mereka tidak tahu sehingga menyebabkan konsekuensi yang fatal, hingga nyawa temannya sendiri melayang.

“Cukuplah bagi orang itu untuk bertayamum dan menaruh perban pada lukanya kemudian membasuh di atasnya, dan mencuci seluruh badannya,” kata Nabi Muhammad seperti dikutip dari buku Nabi Sang Penyanyang (Raghib As-Sirjani, 2014).

Mengobati

Nabi Muhammad dan Abu Bakar bersembunyi di Gua Tsur ketika kafir Quraisy memburu mereka, kala dalam perjalanan hijrah ke Yatsrib. Karena kelelahan akhirnya Nabi Muhammad terlelap dalam tidur. Sementara Abu Bakar memaksakan matanya agar tetap terjaga. Dia tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada Nabi. Hingga ia melihat suatu lubang ular di dekat kakinya.

Karena khawatir ular tersebut keluar sewaktu-sewaktu dan menggigit Nabi, maka Abu Bakar menutup lubang tersebut dengan telapak kakinya. Benar saja, ular tersebut menggingit kaki Abu Bakar hingga membuatnya menangis karena menahan rasa sakit. Nabi Muhammad terbangun setelah terkenan tetesan air mata sahabatnya itu.

Usai menceritakan semuanya, kaki Abu Abu bakar yang digigit ular tersebut diusap Nabi Muhammad dengan tangannya yang lembut. Seketika itu juga, Abu Bakar tidak merasakan rasa sakit lagi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.