oleh

6 Adab Saat Tidur Dalam Islam

PortalMadura.Com – Tidur yaitu keadaan istirahat alami yang penting untuk kesehatan. Dalam Islam, tidur juga mempunyai adab yang harus dilakukan.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut beberapa adab tidur yang perlu Anda ketahui.

Tidur Awal Malam

Berdasarkan hadis Aisyah radhiyallahu anha, bahwasannya Rasulullah tidur pada awal malam dan bangun tidur pada akhir malam, lalu beliau salat.

Disunahkan Berwudu Sebelum Tidur

Pada (saat tidur) hendaknya bersandar pada anggota badan sebelah kanan. Sebagaimana hadis Barra bin Azib radiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah bersabda: “Jika kamu mendatangi tempat pembaringanmu, maka berwudulah seperti wudu salatmu, bersandarlah pada sebelah kanan anggota badanmu… Dan tidak mengapa setelahnya jika bagian badan sebelah kanan berganti posisinya ke bagian badan sebelah kiri.

Disunahkan Mengibaskan Tempat Tidur

Dikutip dari buku “Adab Muslim Sehari Semalam” oleh al-Qismul Ilmi Bi Madaril Wathan dikutip pada Sabtu (30/1/2021) disebutkan, dilakukan sebanyak 3 kali sebelum berbaring di atas kasur, sebagaimana hadis Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwasannya Rasulullah bersabda : “Jika salah satu dari kalian ingin ke tempat tidur kibaslah kasurnya hingga ke dalam kain sarungnya, karena sesungguhnya ia tidak mengetahui apa yang akan diakibatkan setelahnya.

Pada riwayat lain disebutkan “3 kali” dan “dzakhilatun izar ” adalah yang dimaksud dengan ujung-ujung kain yang berada di samping tubuh.

Makruh Tidur di Atas Perut (Telungkup)

Sebagaimana hadis Abu Dzar radhiyallahu anhu berkata : Rasulullah pernah melewatiku saat saya sedang berbaring di atas perutku (telungkup) maka beliau menggerakkanku dengan kakinya dan beliau bersabda : “Wahai Junaidab sesungguhnya seperti ini adalah pembaringan penduduk neraka.”

Menutup Pintu, Mematikan Api dan Lampu Sebelum Tidur

Sebagaimana hadis Jabir radhiyallahu anhu bahwasannya Rasulullah bersabda : “Matikanlah lampu-lampu di malam hari jika tutuplah pintu-pintu, tutuplah bejana akan tidur minuman, tutuplah makanan dan minuman.

Membaca Doa

Membaca ayat kursi, akhir surat al-Baqarah qulhuwallahu ahad dan dua surat muawwidzatain (an-Nas dan al-Falaq) sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis-hadis shahih.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Okezone.com

Komentar