oleh

6 Amalan yang Dianjurkan di Peringatan Isra Mikraj

PortalMadura.Com – Perjalanan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa lalu naik ke langit tujuh hingga Sidratul Muntaha menjadi peristiwa penting bagi umat Islam. Oleh karena itu, seluruh muslim harus meyakini.

Peristiwa ini juga mengandung banyak hikmah, salah satunya yaitu perintah menjalankan salat lima waktu. Nah, untuk meningkatkan keimanan dan pahala di akhir bulan Rajab, maka lakukan beberapa amalan ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari inews.id, berikut penjelasannya:

Salat Sunah 12 Rakaat

Dalam Kitab Ihya’ Ulumiddin karya Imam Al Ghozali juz:1 hal:426 seperti dikutip dari PISS-KTB, Imam Ghoali mengatakan: ketahuilah.. sesungguhnya malam malam yang dikhususkan dengan tambahnya keutamaan, dianjurkan untuk menghidupkanya dalam satu tahun ada 15 malam.. dan malam 27 Rajab termasuk dari malam tersebut, yaitu malam mirajnya Nabi Muhammad SAW. Barang siapa melakukan salat pada malam tersebut 12 rakaat, dalam setiap rakaatnya membaca surat alfatihah dan surat dari Alquran, bertsyahud dalam dua rakaat dan salam.

Untuk melaksanakannya bisa dengan niat salat hajat. Hal ini berdasarkan sebuah hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah.

“Barang siapa punya hajat kepada Allah atau diantara makhluk Allah, maka wudlu’lah dan salatlah 2 rakaat, lalu baca doa ….” (HR Ibnu Majah). Sebagian ulama menilai hadis ini dlaif, namun tetap boleh diamalkan.

Membaca Tasbih, Tahmi dan Tahlil 100 kali

Membaca Istigfar 100 kali

Membaca Sholawat 100 kali

Zikir 100 Kali

Dalam kitabnya, Lathaifut Thaharah wa Asrarus Salat halaman 83-88, K.H. Sholeh Darat Assamarani menuliskan bab khusus mengenai “Fadhilah Rajab”. Beliau menjelaskan mengenai banyaknya pahala zikir yang didapatkan di Bulan Rajab ini.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang mengucapkan kalimat سبحان الحي القيوم sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari awal Rajab, mengucap سبحان الاحد الصمد sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari kedua, dan mengucap سبحان الرؤف sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari ketiga, maka tidak ada orang yang bisa menghitung pahala”

Doa Rajab

Artinya: “kemudian terus berdo’a untuk dirinya apa saja yang dikehendaki mulai dari urusan dunia maupun urusan akhirat, dan pagi harinya berpuasa, maka Allah akan mengijabah doanya semuanya kecuali doa untuk maksiat(dosa)”.

“Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rajab dan Syakban dan sampaikan kami pada bulan Ramadan.” Wallahu a’lam.

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Inews.id

Komentar