6 Cara Nyaman dan Aman Menyusui di Tempat Umum

6 Cara Nyaman dan Aman Menyusui di Tempat Umum
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Keinginan bayi untuk menyusu bisa datang kapan saja. Tidak jarang pula, si kecil menangis hebat karena ingin menyusu di tengah keramaian. Kondisi seperti ini tentu akan membuat ibu dilema.

Pasalnya, membuka kancing baju dan harus menyusui di tempat umum akan menjadi momen yang tidak nyaman. Tetapi, menunda menyusui buah hati pun terkadang tidak bisa dihindari karena tangisan mereka semakin menjadi-jadi.

Seorang konselor laktasi di Maimonides Medical Center, New York, Myrtle Hodge, RN, mengatakan agar para ibu tidak bersembunyi, bahkan ketika mereka berada di tempat umum seperti restoran atau taman sekalipun.

“Saya memberi tahu para ibu menyusui bahwa jangan pergi ke kamar mandi untuk menyusui bayi karena tidak ada orang yang makan di tempat tersebut. Ibu menyusui harus mendapatkan tempat yang layak bagi bayinya,” kata Hodge.

Menemukan tempat menyusui yang nyaman memang tidak mudah. Karena tidak semua tempat umum menyediakan ruang laktasi.

Nah, agar proses menyusui di area publik berjalan lancar, persiapkan beberapa hal berikut ini:

Lakukan Apa yang Nyaman untuk Ibu
Jika ibu merasa nyaman menyusui di tempat umum, lakukan saja. Tetapi, bila merasa tidak nyaman dan ingin mencobanya, temukan cara yang membuat ibu lebih nyaman. Gunakan aksesoris lain seperti apron menyusui untuk melindungi ibu.

Lakukan Perencanaan
Bawa tas dan masukan apa pun yang dibutuhkan untuk keperluan menyusui. Bawalah apron, selimut, tisu basah, tisu kering, dan lainnya. Pastikan semua terkemas dengan baik dan memastikan ibu serta bayi tetap higienis.

Jaga Diri
Ingatlah selalu untuk mengurus kebutuhan ibu seperti mempersiapkan botol air agar ibu tetap terhidrasi. Bawa juga makanan atau camilan yang memberikan energi selama perjalanan. Dengan merawat diri sendiri lebih baik, ibu dan buah hati pun juga terjaga dengan baik.

Memiliki Kepercayaan Diri dan Nikmati Proses Menyusui
Menyusui bayi merupakan satu hal terbaik yang dapat ibu lakukan. Bangga dengan apa yang ibu lakukan dan nikmatilah pengalaman menyusui yang ibu lewati.

Baca Juga: Bunda, Ini 4 Cara Menyusui Saat Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi

Jangan Duduk di Tempat di mana Bayi Ibu Merasa Terganggu
Inti dari menyusui di tempat umum tentu saja memberikan makan mereka. Jadi, temukan tempat di mana ibu tahu bahwa bayi ibu merasa nyaman selama menyusui. Kalau bayi mudah terganggu, batasi aktivitas di sekitar dengan selimut. Lakukan yang terbaik untuk membantu buah hati menikmati proses menyusunya dengan tenang.

Tidak Menyusui di Kamar Mandi
Carilah opsi tempat lain seperti lounge, koridor yang sepi, atau bangku di luar. Selalu ada pilihan yang lebih baik daripada menyusui di toilet bukan?.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.