oleh

6 Hikmah Bayar Zakat Fitrah

PortalMadura.Com – Setiap umat Islam di seluruh dunia memiliki kewajiban untuk membayar zakat fitrah di bulan Ramadan kepada mereka yang berhak untuk menerima zakat. Untuk mengeluarkan kewajiban ini, paling lambat sebelum umat muslim selesai menunaikan ibadah sunah salat Idul Fitri.

Apabila pelaksanaan zakat dilakukan setelah melewati batas tersebut, maka zakat itu bukan lagi termasuk ke dalam kategori zakat fitrah, melainkan berupa sedekah biasa. Perlu diketahui, bahwa zakat fitrah ini termasuk rukun Islam yang ketiga dan punya banyak manfaat atau hikmah.

Sebagaimana dalam sebuah hadis dari Ibnu Abbas. Ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum salat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah salat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah” (HR. Abu Daud, no. 1609; Ibnu Majah, no. 1827. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadis ini hasan. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadis ini hasan).

Baca Juga: Benarkah Suami Punya Tanggungan Zakat Fitrah Istri? Ini Jawabannya

Nah, adapun di antara hikmah yang disyariatkannya zakat fitrah adalah sebagai berikut ini, melansir dari laman Islampos.com, Kamis ()21/5/2020):

1. Sebagai alat pembersih dan penyuci bagi orang-orang yang berpuasa dari sisa-sisa perbuatan keji dan kotor. Jadi, zakat fitrah berfungsi menyempurnakan ibadah puasa Ramadan dari cacat (kekurangan) saat puasa. Jadilah kebaikan di hari raya menjadi sempurna, (Rina Ulfatul Hasanah, Buku Pintar Muslim Muslimah).

2. Untuk memberi makan kepada orang miskin dan mencukupi mereka sehingga tidak perlu meminta-minta di hari raya, sekaligus membahagiakan mereka di hari raya. Jadilah hari raya itu menjadi hari kebahagiaan.

3. Bentuk perbuatan saling memberi kebaikan antara orang kaya dan orang miskin di hari raya.

4. Mendapat pahala karena telah menunaikan zakat pada yang berhak menerima di waktu yang telah ditentukan.

5. Zakat fitrah adalah zakat untuk badan yang Allah tetapkan setiap tahunnya di hari raya Idul Fitri.

6. Sebagai bentuk syukur seorang hamba atas nikmat yang Allah limpahkan. Zakat fitrah juga merupakan bentuk syukur setelah puasa sempurna dilaksanakan. (Lihat Az-Zakat fi Al-Islam, hlm. 322-324). Wallahu A’lam.

Rewriter : Salimah
Sumber : islampos.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar