oleh

6 Keuntungan Kartu Kredit yang Bisa Anda Dapatkan

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, mempunyai kartu kredit bisa membuat penggunanya mudah membelanjakan uangnya untuk membeli barang-barang. Misalnya mulai dari kebutuhan harian sampai dengan yang harganya terbilang mahal.

Tidak heran jika sebagian masyarakat menganggap bahwa ada banyak sisi buruk dan kelemahan dari kartu kredit. Walaupun demikian, tidak salahnya Anda mengetahui bahwa sebenarnya kartu kredit juga memiliki sisi positif.

Faktanya, di samping perilaku konsumtif penggunanya, tidak sedikit beberapa orang yang menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab. Kartu kredit juga dapat menguntungkan keuangan penggunanya, mulai dari memudahkan perencanaan keuangan sampai memberikan diskon atau hadiah.

Nah, untuk mengetahui kapan dan bagaimana kartu kredit dapat menguntungkan, berikut ulasan selengkapnya, dilansir Okezone.com, yang dikutip dari Real Simple:

Kartu Kredit Memberikan Penggunanya Keamanan

Satu hal yang menyenangkan tentang kartu kredit adalah dia menyimpan catatan elektronik aktivitas penggunanya. Ini berguna saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kartu hilang atau dicuri.

Kartu kredit memiliki beberapa perlindungan bawaan yang tidak dapat dilakukan dengan uang tunai. Salah satunya adalah perlindungan penipuan. Pengguna kartu kredit bisa lebih mudah untuk membatalkan transaksi atau membekukan kartu kredit daripada membatalkan transaksi tunai dan mengubah rekening bank.

Keuntungan Saat Skor Kartu Kredit Meningkat

Skor kredit yaitu angka antara 300 dan 850 yang berfungsi sebagai indikator kepercayaan pengguna kepada pemberi pinjaman, didasarkan pada seberapa andal dan konsisten pengguna melakukan kredit.

Skor tersebut dihitung berdasarkan faktor yang mewakili berbagai jenis perilaku kredit. Jika kartu kredit digunakan secara teratur dan pelunasannya konsisten, pengguna akan mendapatkan keuntungan yang lebih baik.

Kartu Kredit Bisa Berikan Diskon Lebih Besar

Jika Anda sebagai pengguna berencana untuk belanja secara grosir atau termasuk pelanggan setia toko tertentu, perhatikan penawaran kredit khusus dari penjual.

Beberapa toko atau tempat perbelanjaan biasanya memberi pengguna kartu kredit persentase diskon yang lebih besar daripada untuk non-pemegang kartu, serta kupon promosi atau diskon-diskon kecil lainnya.

Memudahkan Reservasi saat Liburan

Ketika pengguna memesan kamar hotel atau mobil sewaan, salah satu hal pertama yang akan para penyedia jasa minta adalah nomor kartu kredit. Bergantung pada kebijakan perusahaan, mereka dapat menggunakan nomor tersebut untuk membebankan biaya pembatalan atau uang jaminan.

Terlepas dari berbagai kebijakan yang ada, segalanya dapat berjalan lebih lancar jika pemesan adalah pengguna kartu kredit.

Pengguna Bisa Dapat Hadiah atau Hibah

Tanpa Anda sadari, kartu kredit dapat memberi penggunanya berbagai penghargaan, biasanya dalam sesuatu seperti cashback, poin, atau hadiah lainnya.

Pada umumnya, sistem pemberiannya sama: untuk setiap nominal yang pengguna belanjakan sebelumnya, pengguna diberi poin yang dapat ditukarkan dengan semacam hadiah, seperti tiket pesawat, reservasi di hotel, atau sekadar cek.

Membantu Ketika Situasi Darurat

Orang biasanya memiliki dana darurat untuk hal-hal yang bisa terjadi secara tidak terduga, misal jatuh sakit, kehilangan pekerjaan, bencana alam, dan lain sebagainya.

Namun jika memiliki dana darurat yang kurang dari ideal, atau tiba-tiba tidak bisa mengakses dana yang ada, kartu kredit dapat menjadi solusi terbaik. Tutupi biaya darurat menggunakan kartu kredit saat terjadi bencana, kemudian bayar tagihan tersebut menggunakan dana yang telah disisihkan setelah atau selama situasi darurat terjadi.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar