oleh

6 Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak yang Harus Diwaspadai

PortalMadura.Com – Saat menggaruk ketiak yang gatal mungkin sebagian orang pernah mengalami rasa nyeri yang tidak sengaja menemui benjolan di bagian tersebut. Kadang kala hal itu membuat keinginan untuk mencium tangan setelah menggaruk ketiak menjadi sirna dan malah berubah menjadi bad mood.

Lalu, apa sebenarnya penyebab munculnya benjolan di tengah rimbunnya ketiak tersebut? Ada sejumlah faktor munculnya benjolan di ketiak.

Berikut enam penyebab munculnya benjolan di ketiak:

Rambut Tumbuh ke Dalam
Pada ketiak, rambut ternyata tidak hanya tumbuh ke luar saja namun juga ke dalam. Tumbuhnya rambut ke bagian dalam ini yang menjadi penyebab munculnya benjolan.

Penyebab tumbuhnya rambut ke bagian dalam ini umumnya disebabkan karena usai bercukur. Rambut yang tumbuh ke dalam ini kemudian terinfeksi bakteri dan menyebabkan pembengkakan.

Pemakaian Deodoran
Pemakaian deodoran terutama ketika kulit alergi dapat menyebabkan bengkak. Selain itu, kandungan antiperspirant tertentu juga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan pembengkakan.

Hormon
Masalah hormon terutama pada pria dapat menjadi penyebab munculnya benjolan di ketiak. Pada beberapa pria, produksi hormon tiroid yang berlebihan bisa menyebabkan bengkak di ketiak.

Baca Juga: PT Garam Persero Klaim Sewa Lahan Sesuai Prosedur

Kelenjar Getah Bening
Kelenjar getah bening dalam tubuh cenderung membengkak ketika memerangi infeksi virus, bakteri, maupun jamur. Hal ini dapat menyebabkan bengkak di ketiak dan bahkan di selangkangan yang bakal hilang sendiri dalam beberapa hari.

Infeksi
Masalah infeksi yang terjadi pada ketiak dapat menimbulkan benjolan pada usia tertentu. Pada sebagian besar remaja, infeksi bakteri tertentu akan membuat munculnya benjolan di ketiak.

Virus
Masuknya virus tertentu dapat menjadi alasan terjadinya hal ini. Infeksi virus terutama virus Herpes, cacar, atau HIV bisa membuat munculnya benjolan di ketiak.

Berbagai hal tersebut dapat menjadi alasan munculnya benjolan pada ketiak Anda. Jika memang penyebabnya tidak berbahaya, benjolan ini dapat hilang dalam beberapa hari. Namun jika lebih dari 10 hari benjolan ini tidak hilang, maka sebaiknya segera periksakan ketiak Anda ke dokter. (merdeka.com/Salimah)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
spt tahuna
Loading...
Loading...