6 Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak yang Harus Diwaspadai

Avatar of PortalMadura.com
6 Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak yang Harus Diwaspadai
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat menggaruk ketiak yang gatal mungkin sebagian orang pernah mengalami rasa nyeri yang tidak sengaja menemui benjolan di bagian tersebut. Kadang kala hal itu membuat keinginan untuk mencium tangan setelah menggaruk ketiak menjadi sirna dan malah berubah menjadi bad mood.

Lalu, apa sebenarnya penyebab munculnya benjolan di tengah rimbunnya ketiak tersebut? Ada sejumlah faktor munculnya benjolan di ketiak.

Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak

Berikut enam penyebab munculnya benjolan di ketiak:

Rambut Tumbuh ke Dalam

Pada ketiak, rambut ternyata tidak hanya tumbuh ke luar saja namun juga ke dalam. Tumbuhnya rambut ke bagian dalam ini yang menjadi penyebab munculnya benjolan.

Penyebab tumbuhnya rambut ke bagian dalam ini umumnya disebabkan karena usai bercukur. Rambut yang tumbuh ke dalam ini kemudian terinfeksi bakteri dan menyebabkan pembengkakan.

Pemakaian Deodoran

Pemakaian deodoran terutama ketika kulit alergi dapat menyebabkan bengkak. Selain itu, kandungan antiperspirant tertentu juga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan pembengkakan.

Baca Juga:  SAI dan PDI Perjuangan Gelar Operasi Katarak Gratis, Jadi Agenda Tahunan

Hormon

benjolan di ketiak kanan atau kiri

Masalah hormon terutama pada pria dapat menjadi penyebab munculnya benjolan pada ketiak. Pada beberapa pria, produksi hormon tiroid yang berlebihan bisa menyebabkan bengkak di ketiak.

Baca Juga: PT Garam Persero Klaim Sewa Lahan Sesuai Prosedur

Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening dalam tubuh cenderung membengkak ketika memerangi infeksi virus, bakteri, maupun jamur. Hal ini dapat menyebabkan bengkak di ketiak dan bahkan di selangkangan yang bakal hilang sendiri dalam beberapa hari.

Infeksi

Masalah infeksi yang terjadi pada ketiak dapat menimbulkan benjolan pada usia tertentu. Pada sebagian besar remaja, infeksi bakteri tertentu akan membuat munculnya benjolan pada ketiak anda.

Virus

Masuknya virus tertentu dapat menjadi alasan terjadinya hal ini. Infeksi virus terutama virus Herpes, cacar, atau HIV bisa membuat munculnya benjolan.

Baca Juga:  Ciri-ciri dan Tata Cara Cek kesehatan Mental yang Aman

Berbagai hal tersebut dapat menjadi alasan munculnya benjolan pada ketiak Anda. Jika memang penyebabnya tidak berbahaya, benjolan ini dapat hilang dalam beberapa hari. Namun jika lebih dari 10 hari benjolan ini tidak hilang, maka sebaiknya segera periksakan ketiak Anda ke dokter.

Menghilangkan Benjolan pada ketiak?

Penanganan benjolan yang muncul ketiak tergantung kepada faktor penyebabnya. Umumnya kondisi ini tidak membutuhkan penanganan khusus, selain obat pereda nyeri dan kompres hangat untuk meredakan rasa tidak nyaman.

Penanganan tersebut dapat diterapkan jika benjolan disebabkan oleh kondisi yang tidak berbahaya, seperti infeksi virus, lipoma dan fibroadenoma. Benjolan yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya dapat mengecil dengan sendirinya. Sedangkan benjolan yang disebabkan lipoma biasanya akan tetap ada, tapi tidak berbahaya.

Baca Juga:  5 Manfaat Telur Asin yang Perlu Kamu Ketahui Bagi Kesehatan

Sementara itu, benjolan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dapat ditangani dengan antibiotik. Benjolan yang disebabkan oleh alergi dapat diatasi dengan obat antialergi, dan dengan menghindari penggunaan benda-benda yang berisiko menyebabkan alergi, seperti krim deodoran atau alat cukur.

Namun jika setelah pemeriksaan ternyata benjolan di ketiak diidentifikasi sebagai kanker, penanganan perlu dilakukan dengan operasi, terapi radiasi, dan kemoterapi.

Maka demikian, Anda harus waspada terhadap kemunculan benjolan di ketiak sejak dini dengan melakukan pemeriksaan sendiri di rumah. Segera periksakan ke dokter jika Anda merasakan ada keanehan pada tubuh Anda, untuk mendapatkan diagnosis secara tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.