oleh

7 Cara Bertaubat yang Benar yang Harus Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Setiap manusia pasti pernah berbuat kesalahan dan tidak semua manusia lepas dari dosa. Baik dosa besar maupun dosa kecil. Segala dosa yang pernah diperbuat oleh manusia tentu saja bisa diampuni oleh Allah SWT asalkan manusia mau bertaubat.

Dalam QS. An-Nisa ayat 31 Allah akan menganmpuni dosa dan menghapus kesalahan Anda dengan bertaubat.

“Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).”

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Sabtu (5/12/2020) 7 cara bertaubat yang bisa Anda lakukan.

Pertama menyesali dengan sungguh-sungguh. Jika Anda ingin bertaubat maka yang pertama kali bisa Anda lakukan yaitu dengan menyesali perbuatan salah Anda dengan sungguh-sungguh. Karena penyesalan sendiri ialah hakekatnya untuk bertaubat.

Kedua meninggalkan semua dosa zina dan semua pemicu. Untuk meninggalkan dosa maka Anda harus tahu pemicu dari dosa tersebut. Bahkan Anda harus meninggalkan pemicu dosa zina seperti pacaran dan lain-lain.

Bertekada dan tidak mengulangi kembali adalah cara ketiga yang bisa Anda lakukan. Anda harus tanamkan tekad pada diri Anda untuk tidak mengulangi dosa tersebut.

Keempat yaitu dekatkan diri pada Allah dan banyak beribadah. Mendekatkan diri kepada Allah akan meningkatkan keimanan Anda sehingga Anda akan terhindar dari perbuatan dosa. Bahkan dengan mendekatkan diri pada Allah akan menggugurkan dosa Anda. Selain itu telah dijelaskan pula dalam firman Allah di QS. Hud ayat 114.

“Dirikanlah salat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.”

Kelima salat taubat, Anda bisa melakukan salat ini sebanyak dua rakaat dan juga niat dalam hati. Niat yang Anda bacakan harus tulus dari dalam hati dengan penuh penyesalan dan berjanji untuk tidak mengulangi kembali.

Keenam cari lingkungan yang baik, saat Anda bertemu dengan orang-orang yang baik di lingkungan yang baik pula. Hal ini akan mencegah Anda dari perbuatan dosa. Sebaiknya sering ikuti pengajian agar Anda bisa memperdalam ilmu agama Anda. Karena lingkungan yang baik akan membawa dampak yang baik pula untuk Anda.

Terakhir rahasiakan taubat Anda. Dalam sebuah hadis Rasulullah pernah bersabda:

“Siapa yang tertimpa musibah maksiat dengan melakukan perbuatan semacam ini (perbuatan zina), hendaknya dia menyembunyikannya, dengan kerahasiaan yang Allah berikan.” (HR. Malik)

Semoga kita semua dijauhkan dari hal-hal yang negatif dan tetap berada di jalan Allah SWT.

Rewrite : Lisa Mana L
Sumber : Liputan6.Com

Komentar