oleh

7 Cara Mudah Pilih Hewan Kurban Dalam Islam

PortalMadura.Com – Memilih hewan untuk berkurban tidak boleh asal pilih. Anda harus memilih hewan kurban yang sesuai. Secara umum memilih hewan kurban harus yang halal dan sehat. Namun secara khusus ada tujuh cara yang harus Anda perhatikan dalam memilih hewan kurban.

Tujuh cara memilih hewan kurban yang benar dilansir dari laman Cermati.com, Senin (6/7/2020), sebagai berikut:

Jenis Hewan Kurban

Sebelum Anda membeli hewan kurban, Anda harus menentukan jenis hewan yang akan dikurbankan. Seperti unta, kambing, domba, sapi, atau kerbau.

Usia Hewan

Anda harus memerhatikan hewan yang akan Anda kurbankan sudah cukup usia. Untuk kambing dan domba berusia 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau 22 bulan.

Cara pertama untuk mengetahui usia hewan kurban adalah dengan menanyakan kepada penjual atau peternak. Cara kedua dengan melihat gigi hewan tersebut, jika gigi sudah tanggal maka menandakan hewan kurban tersebut sudah cukup usia.

Tidak Cacat

Pastikan hewan kurban yang Anda miliki tidak ada kecacatan, seperti kebutaan, pincang, dan sangat kurus. Pilihlah hewan kurban yang sehat tanpa ada cacat.

Nafsu Makan Baik

Hewan kurban harus memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, dan bulu tidak kusam. Jika perlu maka minta Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai bukti bahwa hewan yang Anda pilih tidak dalam keadaan sakit.

Perhatikan Tiap Organ Tubuh Hewan

Perhatikan organ tubuh hewan yang Anda pilih, mulai dari mata, hidung, dan anus. Pilihlah hewan yang bersih pada bagian mata, kelopak mata tidak pucat dan kuning, hidung terlihat basah bersih, dan pilih yang memiliki tandung seimbang, keempat kaki simetris dan postur tubuh yang ideal.

Pilih Tempat Penjual yang Terpercaya

Saat Anda membeli hewan kurban, maka pilih tempat yang terpercaya. Pilihlah hewan yang diternakan dilingkungan yang bersih bukan dari hewan yang diternak di tempat pembuangan sampah.

Sesuaikan dengan Dana Pribadi

Pilihlah hewan kurban yang sesuai dengan dana pribadi Anda. Berkurban ini bukanlah ajang pamer atau gengsi kepada tetangga. Melainkan sebuah ibadah kepada Allah dengan rasa ikhlas.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Cermati.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar