oleh

Sejumlah Pabrik Masih Ogah Beli Tembakau Petani

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dua pabrik sampai saat ini belum memastikan untuk melakukan pembelian tembakau milik petani musim 2020. Dua pabrik tersebut adalah PT. Gudang Garam dan Nojorono.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, Achmad Sjaifuddin mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan pabrikan dan pihak terkait lainnya untuk memastikan serapan dan harga tembakau musim 2020. Dalam pertemuan itu terdapat sejumlah pabrik yang sudah memastikan untuk melakukan pembelian.

iklan pilbup

“Yang belum konfirmasi (untuk membeli, red) yaitu PT. Gudang Garam dan Nojorono. Tetapi pada prinsipnya dari gasture menunjukkan positif lah. Dan alhamdulillah PT. Djarum konfirmasi untuk membeli di kisaran 8 ribu ton,” terangnya, Senin (6/7/2020).

Menurutnya, jumlah serapan PT. Djarum tahun ini yang relatif tinggi bisa menutupi PT. Bentoel yang sejak awal sudah memastikan untuk tidak membeli tembakau petani pada musim ini. Sementara, gudang-gudang lain rata-rata serapannya sama seperti tahun sebelumnya.

“Dalam satu atau dua hari lagi kami akan hubungi lagi. Pemerintah itu tidak hanya cukup dengan pertemuan yang kemarin,” tandasnya.

Dia memungkasi, adapun pabrik tembakau yang telah memastikan serapannya musim ini adalah PT. Sadana sebanyak 200 ton, PT. Sampoerna sebanyak 400 ton, PT. Sukun sebanyak 700 ton, PT. Djarum sebanyak 8 ribu ton dan PT. Wismilak sekitar 100 ton.(*)

Penulis : Marsukiy
Editor : Raudatul Fitrah
Tirto.ID
Loading...

Komentar