7 Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
7 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memasuki bulan Ramadan saatnya untuk memperbanyak amal ibadah. Karena selain bulan yang penuh ampunan dan berkah, bulan Ramadan juga menjadi waktu untuk melipaatgandakan pahala.

Salah satu amalan yang sangat dahsyat manfaatnya yaitu sedekah, apalagi dilakukan di bulan Ramadan maka akan semakin berlipat-lipat berkahnya. Oleh karena itu, lakukan sedekah dan ketahui beberapa keistomewaannya. Penasaran?

Berikut penjelasannya:

Ampunan Dosa
Dosa akan dihapuskan dengan sedekah. Rasulullah bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

Membersihkan Harta
Sedekah diibaratkan air yang membasuh harta sehingga harta yang dimiliki jadi berkah. Seperti dikatakan Rasulullah dalam hadis Riwayat Muslim: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Membuka Pintu Surga
Orang yang bersedekah akan memiliki jalan mudah menuju surga.
Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)

Pahala Berlipat Ganda
Disebutkan dalam Alquran bahwa “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Perlindungan di Hari Kiamat
Ada tujuh jenis manusia yang mendapat perlindungan di hari akhir, seperti yang dikatakan Rasulullah, salah satunya adalah yang bersedekah

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

Baca Juga: Rajin Bersedekah? Ini 5 Keistimewaan yang Akan Anda Dapatkan di Akhirat Kelak

Bebas Siksa Kubur dan Api Neraka
”Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika Anda tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” (HR. Al Bukhari 6539, Muslim 1016)

Ketenangan dan Rasa Bahagia Dalam Hati
Bahagia itu sederhana, yaitu bisa berbagi dengan sesama. Disadari atau tidak bersedekah akan membuat Anda merasa bahagia yang tidak terkira. Berbagi kebahagiaan dengan sesama merupakan hal yang luar biasa.

Jangan bosan untuk bersedekah dan rasakan langsung manfaatnya untuk Anda dan orang lain. Mumpung bulan Ramadan yuk perbanyak bersedekah untuk mendapatkan banyak berkah dan manfaat.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.