8 Keistimewaan Jadi Santri

Avatar of PortalMadura.com
8 Keistimewaan Jadi Santri
Ilustrasi (kompasiana.com)

PortalMadura.Com – Hari yang jatuh pada hari ini Kamis (22/10/2020) diperingati oleh berbagai elemen masyarakat. Meskipun dalam suasana pandemi COVID-19, kesakralan tetap dirasakan apalagi bagi santri itu sendiri.

Santri identik dengan sarung dan kopiah. Selain itu, juga sisi religius. Sehingga tidak sedikit orang-orang yang berpengaruh di Indonesia dulunya adalah seorang santri. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com yang dikutip dari darunnajah.com, berikut keutamaan menjadi seorang santri.

Termasuk Golongan yang Dimaksud oleh Allah SWT dalam Surat At Taubah ayat 122:

” Tidak sepatutnya bagi orang-orang mu'min itu pergi semuanya (ke medan perang), mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya ”.

Termasuk Golongan yang Dimaksud oleh Allah SWT Dalam Surat Al An'am ayat 125:

“ Barang siapa yang Allah SWT menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangnkan dadanya untuk (mempelajari, memeluk, mengamalkan dan menda'wahkan) Islam. Dan barang siapa yang dikehendaki Allah SWT kesesatannya, niscaya Allah SWT menjadikan dadanya sesak lagi sempit (untuk mempelajari, memeluk, mengamalkan dan menda'wahkan Islam), seolah-olah ia sedang mendaki ke langit”.

Termasuk dalam Golongan yang Dimaksud Allah SWT dalam Al Qur'an Surat Al Mujadilah ayat 11:

“Niscaya Allah SWT akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”.

Termasuk Golongan yang Dimaksud Rasulullah SAW dalam Hadis dari Mu'awiyah RA :

“ Barang siapa dikehndaki Allah SWT dengan kebaikan (dunia dan akhirat) maka Allah akan memahamkannya dalam (urusan) agama”. (Hadits Shahih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 2948 dan Muslim, no. 1037).

Termasuk Golongan yang Dimaksud Rasulullah SAW dalam hadis :

Dari Abu Hurairah RA, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda: “ Ada 7 golongan yang akan mendapat naungan Allah SWT pada hari yang tiada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu: pemimpin yang adil, remaja yang senantiasa beribadah kepada Allah SWT, seseorang yang hatinya senantiasa dipertautkan dengan masjid, dua orang yang saling cinta-mencintai karena Allah SWT dimana keduanya berkumpul dan berpisah karena-Nya, seorang laki-laki yang ketika dirayu oleh wanita bangsawan lagi rupawan lalu menjawab:'Sesungguhnya saya takut kepada Allah SWT!', seseorang yang mengeluarkan sedekah kemudian ia merahasiakannya sampai-sampai tangan kiri tidak mengetahui apa yang diberikan oleh tangan kanannya, dan seseorang yang berdzikir kepada Allah SWT di tempat yang sunyi kemudian menenteskan air mata”. ( Riwayat Bukhari dan Muslim).

Termasuk Golongan yang Dimaksud Rasulullah SAW dalam Hadis:

“Barang siapa yang keluar dalam rangka menuntut ilmu maka ia dalam jalan-Nya Allah SWT hingga ia kembali”.

Termasuk Golongan yang Dimaksud Rasulullah dalam Hadis:

“Barangsiapa meniti satu jalan untuk mencari ilmu, niscaya dengan hal itu Allah mudahkan baginya jalan menuju Surga. Dan sesungguhnya para malaikat akan membentangkan sayap-sayap mereka kepada pencari ilmu sebagai keridhaan atas apa yang ia perbuat. Dan sesungguhnya penghuni langit dan di bumi, sampai ikan-ikan di laut pun memohonkan ampun untuk orang-orang yang berilmu. Dan sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu atas ahli ibadah seperti keutamaan bulan purnama atas semua bintang-bintang. Dan sesungguhnya para ulama adalah pewaris para Nabi. Dan sesungguhnya para Nabi itu tidak mewariskan dinar dan dirham, tetapi mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambilnya maka dia telah mengambil bagian yang banyak.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud, no. 3641 dan ini adalah lafazhnya. Diriwayatkan juga oleh at-Tirmidzi, no. 3641; Ibnu Majah, no. 223; Ahmad 4/196; Darimi, 1/98. Hadits ini dinilai hasan oleh Syaikh Salim Al-Hilali di dalam Bahjatun Nazhirin, 2/470, hadits no. 1388).

Termasuk Golongan yang Dimaksud oleh Sahabat Rasul, Tabi'in, Tabi'ut Tabi'in dan Ulama Salafus Sholih:

Imam Asy-Syafi'i rahimahullah mengatakan:
“Barangsiapa yang menghendaki dunia, hendaknya dia berilmu. Dan barangsiapa yang menghendaki akherat, hendaknya dia berilmu. Dan barangsiapa yang menghendaki keduanya (dunia dan akherat), maka hendaknya dia berilmu.

Imam Asy-Syafi'i rahimahullah juga mengatakan, “Menuntut ilmu lebih utama daripada salat sunah”. (Shahih Jami' Al-Bayan 31/48, Hilyatul Auliya' 9/119).

Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah mengatakan, “Tidak ada suatu amal perbuatan yang lebih utama daripada menuntut ilmu kalau ia niatnya benar”. (Miftah Daaris Saa'dah I/212).

Mu'adz bin Jabal radhiallahu ‘anhu mengatakan, “Pelajarilah ilmu karena sesungguhnya mempelajari ilmu merupakan karena Allah adalah takwa kepada-Nya, mencarinya adalah ibadah, mengkajinya adalah tasbih, menelitinya adalah jihad dan mengajarkan kepada orang yang tidak mengetahui adalah sedekah.” Beliau juga mengatakan, “Ilmu adalah penghibur hati di saat sendiri dan sahabat karib di saat sunyi.”

Ali bin Abi Tholib radhiyallahu ‘anhu mengatakan, “Ilmu itu lebih baik daripada harta, sebab ilmu akan selalu menjagamu, sedangkan engkau yang selalu menjaga harta.” (Faqih wal Mutafaqqih 1/50, Ittiba' milik Ibnu Abdil 'Izz hal. 86, Bidayah wa Nihayah 9/47 dan I'tishom 2/358).

Imam Ahmad bin Hambal rohimahulloh berkata, “Kebutuhan manusia terhadap ilmu itu melebihi kebutuhannya terhadap makan dan minum. Yang demikian itu karena seseorang terkadang membutuhkan makanan dan minuman sekali atau dua kali, adapun kebutuhannya terhadap ilmu itu sebanyak tarikan nafasnya”. (Tahdzib Madarijis
Saalikiin, Ar-Rusydy rahimahulloh).

Hasan Al Bashri rahimahulloh mengatakan, “Beramal tanpa ilmu itu seperti berjalan di luar jalurnya. (Apabila seseorang) beramal tanpa ilmu maka kerusakan yang ditimbulkan itu lebih banyak daripada kebaikan yang diraih. Maka carilah ilmu dengan tidak mengganggu ibadah, dan beribadahlah dengan tidak mengganggu mencari ilmu. (Miftaah Daaris Sa'aadah 1/83, Imam Ibnul Qoyyim rohimahulloh).

Abu Darda radhiyallahu ‘anhu berpesan, “Jadilah alim (orang yang berilmu), muta'allim (orang yang menuntut ilmu), mustami' (orang yang mendengar ilmu), atau muhibb (orang yang mencintai ilmu), dan janganlah menjadi orang yang kelima sehingga kamu celaka. Dia adalah orang tidak berilmu, tidak belajar, tidak mendengar, dan tidak pula mencintai orang yang berilmu.” (Al-Kabaair hal. 20, oleh Imam Adz-Dzahabi). (Wardan/ Abu Ezzat El Wazira).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.