oleh

8 Manfaat Puasa Senin Kamis Beserta Niat

PortalMadura.Com – Puasa senin kamis merupakan puasa sunah yang bernilai ibadah. Puasa ini istimewa karena sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Sehingga puasa senin kamis menjadi keutamaan karena dikerjakan langsung oleh Nabi Muhammad.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah,“Bahwasanya Nabi Muhammad lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut.” (H.R. Ahmad).

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Dilansir dari laman Tirto.id, Selasa (2/12/2020) berikut niat dan manfaat puasa senin kamis:

Niat Puasa Hari Senin

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya, “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

Niat Puasa Hari Kamis

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya, “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Adapun manfaat dari puasa senin kamis yaitu yang pertama membantu menurunkan berat badan. Karena saat berpuasa tubuh lebih efektif dalam membakar sel-sel lemak dibandingkan dengan diet biasa.

Kedua meningkatkan sensitivitas insulin, karena saat berpuasa insulin menjadi lebih efektif dalam memerintahkan sel untuk mengambil glukosa dari darah.

Ketiga mempercepat metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien. Jika Anda memiliki pencernaan yang buruk, ini dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk metabolisme makanan dan membakar lemak.

Keempat memperpanjang umur karena berdasarkan beberapa penelitian semakin sedikit seseorang makan maka semakin lama orang akan hidup.

Kelima meningkatkan rasa lapar karena saat Anda berpuasa akan mengalami lapar yang sebenarnya. Bahkan dengan berpuasa pola makan Anda akan teratur.

Keenam meningkatkan fungsi otak karena meningkatkan produksi protein yang disebut neutropik yang diturunkan dari otak. Bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena dengan berpuasa dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh.

Ketujuh berkontribusi pada pencerahan diri karena dengan berpuasa memungkinkan seseorang untuk merasa lebih baik.

Terakhir dengan berpuasa dapat mendetoks tubuh sehingga mampu menjaga kebersihan kulit dan mencegah jerawat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar