oleh

9 Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah

PortalMadura.com– Islam menganjurkan umatnya untuk menjenguk saudara mereka yang sakit dan mengajarkan Doa Untuk Orang Sakit agar tetap sabar.  Setiap manusia akan mengalami sakit, namun setiap penyakit pasti bisa disembuhkan karean hal tersebut merupakan sebuah ujian.

Seperti halnya kisah Nabi Ayub yang ditimpa penyakit, kehilangan harta dan anak-anaknya. Dari seluruh tubuhnya hanya hati dan lidahnya yang tidak tertimpa penyakit, karena dua organ inilah yang dibiarkan Allah tetap baik dan digunakan oleh Nabi Ayub untuk berzikir dan memohon keridhoan Allah, dan Allah pun mengabulkan doanya, hingga akhirnya Nabi Ayub sembuh dan dikembalikan harta dan keluarganya.

9 Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah

Berikut ini 9 doa yang sesuai sunnah Rasulullah saat menjenguk saudara maupun teman yang sedang sakit.

1. Doa untuk orang yang sedang sakit

Aisyah r.a. berkata : Rasulullah SAW ketika didatangi oleh orang yang mengeluh sakit atau luka, maka Nabi SAW meletakkan jari telunjuknya ke tanah dan diludahi sedikit. Kemudian diusapkan kepada apa yang dirasakan sambil berdoa :

BISMILLAHI TURBATU ARDLINA BIRIQOTI BA’DLINA YUSYFA SAQIMUNA BI’IDZNI ROBBINA

(Dengan nama Allah tanah kami dengan ludah setengah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah). (HR. Bukhari, Muslim.)

2. Doa untuk orang sakit

Aisyah r.a. berkata : adalah Rasulullah SAW berziyarah kepada salah seorang keluarganya yang sedang sakit maka ia mengusap si sakit dengan tangan kanannya sambil membaca :

Allahumma Robbannas, Adz-hibil ba’sa isyfi antasy-syafi la syifa’a illa syifa’uka syifa’an la yughadiru saqoman

(Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali dari padaMu, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi). (HR. Bukhari, Muslim).

9 Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah
Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah

3. Doa untuk yang sedang sakit parah

Anas r.a. berkata kepada Tsabit : Sukakah aku menjampi kau dengan jampi Rasulullah. Jawab Tsabit : Baiklah. Maka Anas membaca:

Allahumma Robbannas Mudzhibal-bas, isy fi antasy-syafi, la syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqoman”

(Ya Allah Tuhan semua manusia, yang menghalaukan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang menyembuhkan, tiada yang menyembuhkan kecuali Engkau, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi). (HR. Bukhari)

4. Doa bagi orang sakit;

Ibnu Abbas r.a. berkata : Bersabda Rasulullah : Siapa yang menjenguk orang sakit yang belum tiba ajalnya, kemudian dibacakan do’a ini tujuh kali, pasti Allah menyembuhkannya dari itu penyakit. Yaitu :

Asalullahal adhim, robbal arsyil adhim an-yasyfiyaka 7x.

(Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung. Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau) (HR. Abu Dawud, Attirmidzy dan Alhakim).

5. Doa untuk orang sakit

Ibnu Abbas r.a. berkata : Rasulullah menjenguk kepada orang badui, dan biasa Rasulullah jika menjenguk pada orang sakit berkata :

La Ba’sa Thohurun Insya Allah.

(Tidak apa-apa semoga penyakit ini menjadi pencuci dari dosa-dosa Insya Allah) . (HR. Bukhari).

6. Doa menjenguk orang sakit

ﺃَﺳْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺍﻟﻌَﻈِﻴَﻢ ﺭَﺏَّ ﺍﻟﻌَﺮْﺵِ ﺍﻟﻌَﻈﻴﻢ ﺃَﻥْ ﻳُﻌَﺎﻓِﻴْﻚَ ﻭَﻳُﺸْﻔِﻴﻚَ ‎
Artinya : Aku memohon pada Allah yang menguasai arasy agar memberi kesehatan dan kesembuhan padamu.

7. Doa menengok orang sakit

ﺍﻟَﻠﻬُﻢََّّ ﺍﻟﻨَﺎِﺱ ﺃَﺫْﻫِﺐِ ﺍﻟﺒَﺄْﺱَ
Artinya : Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.

8. Doa untuk orang sakit panas

Orang yang terkena sakit panas sebaiknya membaca doa berikut :
ﺑﺴِْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﻜﺒَِﻴﺮ ﺃﻋَُﻮﺫُ ﺑﺎﻟﻠﻪِِ ﺍﻟﻌﻈَِﻴﻢِ ﻣﻦﺷِْ َﺮﻋِْ ِﺮﻕﻧٍْ َﻌَّﺎﺭٍ ﻭﻣَِﻦْ ﺣﺮَ ﺍﻟﻨﺎﺭ
Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Besar aku berlindung pada Allah yang Agung dari pembuluh darah yang memancar dan dari panasnya neraka.

9. Doa orang sakit parah yang sulit sembuh lagi

Apabila menderita sakit yang menurut dokter sulit untuk sembuh lagi, baca doa berikut :
ﺍﻟﻠﻬَُﻢﺃَّ َﺣﻴِْﻨﻲِ ﻣﺎ ﻛﺎﻧﺖﺍﻟﺤَِ َﻴﺎﺓَُ ﺧﻴﺮَْﺍﻟﻲً ِ ﻭﺗََﻮﻓﻨﻲﻣََِّ َﺎ ﻛﺎﻧََﺖْ ﺍﻟﻮﻓََﺎﺓُ ﺧﻴﺮًَﺍ ﻟﻲ
Artinya: Ya Allah hidupkanlah aku apabila itu lebih baik bagiku. Dan matikanlah aku apabila kematian itu lebih baik bagiku.

Itulah 9 Doa untuk orang sakit agar cepat sembuh sesuai Sunnah Rasulullah SAW, yang dapat and aterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan semoga hal tersebut membantu anda mendekatkan diri pada Allah SWT.

Rewriter: Muhammad Zakariya
-
Tirto.ID
Loading...

Komentar