9 Manfaat Buah Murbei, Turunkan Kolesterol dan Cegah Obesitas

Buah yang dikenal dengan nama Bebesan, Kerto (Gayo), Kitau (Lampung), dan Lampaung (Jawa) ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Avatar of PortalMadura.com
9 Manfaat Buah Murbei, Turunkan Kolesterol dan Cegah Obesitas
9 Manfaat Buah Murbei, Turunkan Kolesterol dan Cegah Obesitas

PortalMadura.com-  di Indonesia dikenal masyarakat dengan beberapa nama, seperti Bebesan, Kerto (Gayo), Kitau (Lampung), dan Lampaung (Jawa). terdapat banyak manfaat buah murbei untuk kesehatan yang sangat baik, terutama kandugnan zat antiaoksidan.

Buah murbei merupakan buah majemuk dengan panjang 2–3 cm, berwarna merah bila masih mudah dan ungu tua bila ranum, dan dapat dimakan. Murbei dikenal luas karena dedaunannya digunakan sebagai makanan ulat sutra.

Buah yang mempunyai nama latin Morus ini jarang dikonsumsi karena rasanya yang asam atau belum banyak yang mengenal buah ini. Padahal buah murbei mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Kabarnya, buah murbei kaya akan beraneka vitamin, mineral, dan fitonutrien yang memiliki manfaat bagi tubuh.

Kandungan Buah Murbei

9 Manfaat Buah Murbei, Turunkan Kolesterol dan Cegah Obesitas

Selain dikonsumsi langsung buah murbei sering diolah menjadi beragam jenis makanan maupun minuman. Seperti jus, teh, minuman anggur, atau dikeringkan seperti kismis.

Olahan murbei ini sangat bagus di konsumsi secara rutin karena dalam 100 gram terdapat beragam kandugnan gizi dan mineral yang bagus untuk tubuh. Berikut kandaungan 100 gram murbei:

  • Energi: 43 kkal
  • Protein: 1,4 gram
  • Karbohidrat: 9,8 gram
  • Lemak: 0,4 gram
  • Serat: 1,7 gram
  • Vitamin B1: 0,03 miligram
  • Vitamin C: 36,4 miligram
  • Vitamin K: 7,8 mikrogram
  • Kalsium: 39 miligram
  • Besi: 1,9 miligram
  • Magnesium: 18 miligram
  • Fosfor: 38 miligram
  • Kalium: 194 miligram
  • Zinc: 1,12 miligram

Manfaat Buah Murbei

Kandungan vitamin, mineral, dan zat antioksidan dalam murbei diyakini memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Jaga kesehatan otak Anda

Beragam penyakit otak dapat menimpa siapa saja karena beragam faktor, salah satunya ketidak stabilan suplai darah.  Dan jika suplai darah tidak mencukupi akan menyebabkan penurunan fungsi berpikir, untuk itu dibutuhkan asupan zat antioksidan yang cukup.

Dan buah murbei memiliki antosianin 3-O-glukosida (C3G), sebuah zar antioksidan yang berpotensi mencegah kerusakan otak akibat minimnya supplaui darah.

2. Manfaat Murbie untuk Penderita Diabetes

Berry liar seperti murbei adalah pilihan buah yang baik untuk penderita diabetes. Ini karena 1-deoxynojirimycin, zat dalam buah ini, menghambat aksi enzim sakarolitik. Jadi, kadar gula darah Anda tidak akan naik dalam waktu dekat.

3. Bagus Untuk Kesehatan gigi Anda

Menurut sebuah studi tahun 2016, buah murbei putih memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah kerusakan gigi, radang gusi, dan periodontitis. Ekstrak akar buah ini bahkan menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

4. Membantu mencegah

Manfaat buah murbei ternyata sangat baik bagi anda yang mengalami obesitas maupun hendak menjauhi obesitas. Sebab Dalam satu penelitian pada hewan, makan murbei ditemukan untuk membantu mengurangi kelebihan lemak.

Kandungan Antioksidan di dalamnya juga mengurangi lemak di organ dan mencegah peradangan, salah satu penyebab obesitas.

5. Menurunkan Jahat

Selain manfaat buah murbei untu cegah obesitas, penelitian sebelumnya meyebutkan jika anda turin mengonsumsi bubuk murbei dapat membantu menurunkan kadar trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol total.

Selain itu, ekstrak bubah murbieini juga meningkatkan jumlah kolesterol HDL yang baik. Sehingga bagi anda yang memiliki masalh kolesterol tentu sangat dianjurkan mengkonsumsi buah murbei.

6. Jaga kesehatan jantung Anda

Manfaat buah murbei untuk menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL, sangat bagus untuk kesehatan jantung Anda.

Hal ini karena kolesterol LDL yang menumpuk dapat membentuk plak di pembuluh darah sehingga memicu penyakit jantung.

7. Meredakan peradangan

Selain memberikan manfaat untuk otak, zat C3G pada buah murbei juga memiliki efek antiradang yang kuat. Studi terdahulu pun menunjukkan bahwa pemberian murbei secara rutin dapat meredakan gejala pada tikus yang mengalami peradangan sendi.

8. Mencegah penyakit perlemakan hati

Manfaat lain dari buah murbei adalah menurunkan risiko penyakit perlemakan hati. Pasalnya, senyawa antioksidan dalam buah yang berkerabat dengan sukun ini bisa menghambat penumpukan dan pembentukan lemak, terutama pada hati.

9. Menurunkan risiko kanker

murbei memiliki potensi untuk menurunkan risiko kanker paru-paru, lambung, dan kulit. Pada uji coba laboratorium, senyawa polifenol di dalamnya mampu menghambat pertumbuhan dan bahkan perpindahan sel-sel kanker ke organ tubuh lain.

BACA JUGA: Manfaat Buah Murbie Bagi Kesehatan 

Efek Samping Konsumsi Buah Murbei

Sejauh ini, belum ada laporan efek samping murbei terhadap kesehatan. Kasus alergi buah ini juga sangat jarang, namun serbuk sari murbei diketahui dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang.

Jika Anda alergi terhadap serbuk sari tanaman berry atau birch, Anda mungkin mengalami reaksi serupa saat menghirup serbuk sari murbei. Alergi serbuk sari sering menyebabkan bersin, mata berair, hidung gatal atau tersumbat.

Meskipun tidak ada laporan pasti tentang efek samping murbei, konsumsilah buah ini dalam jumlah sedang. Anda bisa memakannya segar atau mencampurnya dengan bahan lain untuk camilan sehat.

Itulah tulisan tentang manfaat buah murbei yang bisa kami sajikan untuk anda. semoga membantu anda dalam meningkatkan kesehatan anda. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.