Adab Minum dengan Benar Sesuai Tuntunan dari Rasulullah

Avatar of PortalMadura.com
Adab Minum Dengan Benar Sesuai Tuntunan dari Rasulullah
Ilustrasi (starjogja.com/Moeslema.com)

PortalMadura.Com – Islam adalah agama yang lengkap dan sempurna, yang diturunkan kepada melalui Nabi Muhammad SAW. Semua lingkup kehidupan sudah diatur dengan jelas dan bisa dipelajari di dalam agama ini. Sejak dari bangun tidur hingga menjelang tidur lagi, seluruh hal yang dilakukan oleh Rasulullah bisa diikuti sebagai hal yang disunnahkan. Termasuk adab meminum dengan benar yang dilakukan oleh Rasulullah. Jika kita meniru cara hidup Rasulullah tentunya tubuh kita akan selalu sehat.

Setiap makhluk hidup membutuhkan minum untuk keberlangsungan hidupnya. Minum merupakan aktivitas yang sering dilakukan setiap orang, karena tubuh membutuhkan cairan yang bisa menghilangkan dahaga, menambah oksigen, menghilangkan racun, dan sumber energi supaya tubuh tetap berfungsi dengan baik. Tetapi akan lebih baik jika minum dilakukan dengan cara yang benar sesuai contoh dari Rasulullah.

Dilansir dari laman Lifestyle.Okezone.Com, Rabu (23/9/2020), di bawah ini 7 tata cara minum yang baik sesuai :

Niat

Sebelum minum, hendaklah berniat terlebih dahulu agar cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat tubuh terasa lebih segar lagi. Selain itu, niat minum juga ditujukan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Membaca

Biasakan untuk memulai minum dengan membaca basmalah. Dari Amr bin Abi Salamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai anakku, jika engkau hendak makan ucapkanlah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR Thabrani dalam Mu'jam Kabir)

Tidak Bernafas dan Meniup Air Minum

Dalam suatu hadis dari Abu Qatadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kalian minum maka janganlah bernafas dalam wadah air minumnya.” (HR. Bukhari no. 5630 dan Muslim no. 263)

Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam Nawawi mengatakan, “Larangan bernafas dalam wadah air minum adalah termasuk etika karena dikhawatirkan hal tersebut mengotori air minum atau menimbulkan bau yang tidak enak atau dikhawatirkan ada sesuatu dari mulut dan hidung yang jatuh ke dalamnya dan hal-hal semacam itu.”

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam minum beliau mengambil nafas di luar wadah air minum sebanyak tiga kali.” Dan beliau bersabda, “Hal itu lebih segar, lebih enak dan lebih nikmat.”

Minum dengan Tangan Kanan

Tangan kanan dipercaya untuk melakukan hal-hal baik. Begitu pula saat minum, di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah pula bersabda agar manusia makan dan minum menggunakan tangan kanan. Hal ini dipercaya akan membawa berkah dan membuat tubuh menjadi lebih segar kembali.

Dilarang Minum Langsung dari Mulut Teko/Ceret

Dari Abu Hurairah, beliau berkata, “Rasulullah melarang minum langsung dari mulut qirbah (wadah air yang terbuat dari kulit) atau wadah air minum yang lainnya.” (HR Bukhari no. 5627)

Menurut sebagian ulama minum langsung dari mulut teko hukumnya adalah haram, namun mayoritas ulama mengatakan hukumnya makruh. Maka seharusnya orang yang hendak minum, tuangkanlah terlebih dahulu ke dalam gelas, kecuali dalam keadaan terpaksa.

Menutup Tutup Botol Minum Pada Malam Hari

Biasakan diri kita untuk menutup tutup wadah tempat air minum berada pada malam hari dan jangan lupa mengajarkan anak kita tentang hal ini.

Sebagaimana hadis dari Jabir bin Abdillah, ia berkata, aku mendengar Rasulullah bersabda, “Tutuplah bejana-bejana dan wadah air. Karena dalam satu tahun ada satu malam, ketika itu turun wabah, tidaklah ia melewati bejana-bejana yang tidak tertutup, ataupun wadah air yang tidak diikat melainkan akan turun padanya bibit penyakit.” (HR. Muslim)

Bersyukur

Hendaklah merasa puas dan bersyukur dengan minuman yang ada, dan usahakan untuk tidak mencelanya karena segala sesuatu yang didapatkan merupakan berkah yang harus selalu disyukuri adanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.