oleh

Ajarkan Anak Berdoa Sebelum dan Sesudah Belajar

PortalMadura.Com – Di masa pandemi kali ini, Anda harus lebih memerhatikan anak Anda dalam belajar. Karena sekolah diliburkan jadi anak Anda harus belajar di rumah selama pandemi. Adanya pandemi ini juga memberikan manfaat bagi Anda sebagai orang tua, karena bisa menemani Anak belajar.

Saat Anda menemani sang anak belajar, pastikan juga ajarkan berdoa sebelum dan sesudah belajar. Kebiasaan kecil ini akan terbawa hingga Anak dewasa.

Berikut doa sebelum dan sesudah belajar menurut agama islam, dilansir dari laman Doaharianislami.com, Jumat (12/6/2020)

Doa Sebelum Belajar

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin

Artinya : “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.”

Doa Sesudah Belajar

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.

Selain mengajarkan doa ini kepada sang anak, Anda juga harus mengajarkan bahwa belajar atau menuntut ilmu itu merupakan kewajiban setiap umat Islam. Belajar atau menuntut ilmu sangatlah penting, baik ilmu yang bersifat dunia maupun ilmu agama, berikut ini adalah hadis yang menganjurkan untuk mencari ilmu.

Artinya: “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (HR Al-Baihaqi)

Dari segi ibadah, menuntut ilmu itu sangat tinggi nilai pahalanya sebagaimana sabda Rasulullah “Sungguh kiranya engkau melangkahkan kakinya di waktu pagi (maupun petang), kemudian mempelajari satu ayat dari kitab Allah (Al-Qur’an), maka pahalanya lebih baik daripada ibadah satu tahun.”

Dalam hadis lain dinyatakan:

Artinya: “Barang siapa yang pergi untuk menuntut ilmu, maka dia telah termasuk golongan sabilillah (orang yang menegakkan agama Allah) hingga sampai ia pulang kembali.” (HR Turmudzi)

Bahkan derajat orang yang berilmu akan di tinggikan oleh Allah sesuai dengan firmanNya dalam (QS Al Mujadalah :11)

Artinya: ” Allah meninggikan segala orang yang beriman dan segala orang yang diberikan ilmu dengan beberapa derajat.”

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Doaharianislami.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar