oleh

Amalkan Doa Ini Tiap Hari Supaya Terhindar dari Segala Penyakit

PortalMadura.Com – Masyarakat Indonesia mulai dari awal tahun 2020 kerap mengalami berbagai macam musibah. Sebenarnya, tidak hanya di negara ini saja, di beberapa negara juga terjadi bencana yang menewaskan ratusan bahkan ribuan orang. Seperti terjadi banjir, kebakaran hutan, bahkan baru-baru ini masyarakat diresahkan dengan beredarnya penyakit yang bisa mematikan, yaitu Virus Corona.

Sebagaimana yang dilansir Islampos.com dari Detik.com, bahwa Presiden Jokowi telah mengonfirmasi dua orang Indonesia yang positif terjangkit virus Corona. Dua orang tersebut adalah satu keluarga, Ibu (64 tahun) dan putrinya (31 tahun) terkena virus corona setelah berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke wilayah Indonesia.

Virus yang bermula dari Wuhan, Hubei tersebut sudah menyebar ke beberapa negara seperti Korea, Jepang dan kini Indonesia. Untuk itu, penduduk di negeri ini dihimbau agar lebih meningkatkan kesadaran dalam hal kesehatan. Selain menjaga sistem imunitas, umat Muslim juga disarankan untuk membaca doa-doa atau amalan supaya terhindar dari berbagai jenis penyakit, termasuk virus corona.

Dari Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 4 dalam hadis nomor 1484, diriwayatkan dari Anas r.a, Rasulullah pernah membaca doa berlindung dari segala penyakit: “Wa an annas radhiyallahu anhu an nabiya shallahu allahi wasallam kana yaqulu, Allahumma innii a’uudzu Bika Minal Baroshi wal Junuuni wal Judzaami wa min Sayyi-il Asqoom”.

Artinya: “Dari Anas r,a, bahwasanya Rasulullah mengucapkan doa: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang (kulit), gila, lepra, dan dari keburukan segala macam penyakit”.

Tidak hanya itu saja, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca doa:

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ

Artinya : “Ya Allah, sehatkanlah badan ku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau”.

Selain itu, umat Muslim juga bisa membaca doa meminta keselamatan hidup. Berikut lafal doanya :

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ

اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Latin: “Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni’mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah”.

“Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn”.

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga”.

“Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Alquran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam”.

Baca Juga: Baca Doa Ini Secara Rutin, Insya Allah akan Terhindar dari Penyakit Ganas

Karena itu, mari umat Islam mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjauhi segala larangannya, teruslah beribadah dan berdoa kepada Allah SWT agar dapat dijauhkan dari berbagai macam penyakit. Aamiiin. Wallahu A’lam.

Rewriter : Salimah
Sumber : islampos.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar