oleh

Anda Ingin Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat? Lakukan 6 Amalan Ini

PortalMadura.ComKatakanlah: “Hanya kepunyaan Allah syafaat itu semuanya. Kepunyaan-Nya kerajaan langit dan bumi. Kemudian kepada-Nya lah kamu dikembalikan” (QS. Az-Zumar (39:44).

Ketika seseorang mendapatkan syafaat, mereka akan memperoleh kenikmatan yang lebih baik atau kebebasan dari azab-Nya. Maka dari itu, agar umat muslim mendapatkan syafaat di akhirat, maka harus melakukan amalan-amalan yang bisa mendatangkan syafaat.

Berikut enam amalan yang bisa mendatangkan syafaat di akhirat:

Bertauhid dan Mengikhlaskan Ibadah kepada Allah serta Ittiba kepada Rasululah
Rasulullah pernah ditanya: “Siapakah orang yang paling bahagia dengan syafaatmu pada hari kiamat?” Nabi menjawab : “Yang paling bahagia dengan syafaatku pada hari kiamat adalah, orang yang mengucapkan Laa ilaahaa illallaah dengan ikhlas dari hatinya atau dirinya” (HR Bukhari).

Salatnya Sekelompok Muslim terhadap Mayat Muslim
“Tidaklah seorang mayat disalatkan oleh kaum Muslimin yang jumlah mereka mencapai seratus, semuanya memintakan syafaat untuknya, melainkan syafaat itu akan diberikan pada dirinya” (HR Muslim).

Selalu Berselawat
“Orang yang paling berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat adalah yang paling banyak selawat kepadaku” (HR Tirmidzi).

Puasa Wajib ataupun Sunah dan Membaca Alquran
“Puasa dan Alquran akan memberi syafaat kepada seorang hamba pada hari Kiamat kelak” (HR Ahmad).

Senantiasa Berdoa setelah Azan
“Barang siapa yang membaca ketika mendengar adzan ‘Ya Allah, Rabb pemilik panggilan yang sempurna ini dan salat (wajib) yang didirikan. Berilah al-Wasilah (derajat di surga), dan keutamaan kepada Muhammad, dan bangkitkan beliau sehingga bisa menempati maqam terpuji yang engkau janjikan’. Maka, dia berhak mendapatkan syafaatku pada hari Kiamat” (HR Bukhari).

Istighfar Anak untuk Orang Tuanya
“Sesungguhnya Allah SWT mengangkat derajat seorang hamba yang saleh ke dalam surga, hamba ini berkata: “Wahai Tuhanku dari manakah aku mendapatkan hal ini?” Maka, Allah menjawab: “Dengan Istighfar yang dimintakan oleh anakmu” (HR Ahmad).

Oleh karena itu, umat muslim selain melakukan ibadah wajib maupun sunah, hendaknya mereka memperbanyak amalan yang bisa mendatangkan syafaat Allah. Sehingga di akhirat mereka bisa mendapatkan kenikmatan dan dibebaskan dari siksa. Wallahu A’lam. (republika.co.id/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar