Anda Ingin Selamat dari Siksa Api Neraka? Yuk, Lakukan Hal Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Anda Ingin Selamat dari Siksa Api Neraka? Yuk, Lakukan Hal Ini!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Neraka merupakan satu-satunya tempat yang mengerikan bagi orang yang tidak beriman kepada Allah SWT. Bahkan, orang yang sudah masuk ke dalamnya, tidak akan pernah bisa menyelamatkan diri.

Oleh karena itu, sebelum Anda terlanjur masuk ke dalam neraka, maka Anda harus bisa menyelamatkan diri dari tempat mengerikan tersebut. Salah satu caranya dengan senantiasa berdoa kepada Allah.

Sebagaimana firman Allah: “(Yaitu) orang-orang yang berdo’a: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan pelihara lah kami dari siksa neraka,” (Qs. Ali Imran : 16).

Berikut empat amalan yang dapat menyelamatkan Anda dari api neraka:

Kecintaan kepada Allah
Rasa cinta kepada Allah SWT dapat menyelamatkan Anda dari api neraka. Dalam buku al-Hakim, al-Mustadrak, dan dalam buku Ahmad, al-Musnad, ada sebuah hadis dari Anas ibn Malik, menyatakan, bahwa Rasulullah bersabda: “Demi Allah, sesungguhnya Allah SWT tidak akan pernah melemparkan orang yang dicintai-Nya ke dalam neraka,” (Hadis sahih).

Berpuasa
Berpuasa juga dapat menyelamatkan Anda dari neraka. Sebagaimana diriwayatkan Ahmad dalam al-Musnad dan al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman, dengan sebuah sanad hasan dari Jabir ibn Abdullah, bahwa Rasulullah bersabda: “Allah SWT berfirman: ‘Puasa dapat menjadi perisai bagi seseorang untuk melindungi dirinya dari api neraka,” (Shahih al-Jami’; IV, hal. 114).

Rasa Takut kepada Allah dan Jihad
Cara lain untuk menyelamatkan diri Anda dari api neraka adalah takut kepada Allah SWT dan berjihad demi-Nya. Sebagaimana firman Allah: “Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya, ada dua surga,” (QS. Ar-Rahman : 46).

Tirmidzi dan an-Nasa’i meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda: “Tidak seorang pun yang menangis kepada Allah SWT karena takut masuk neraka, kecuali kalau air susu masuk kembali ke dalam payudara – maksudnya, tidak akan pernah – dan seseorang tidak akan memperoleh kedua-duanya, debu dari perang karena Allah SWT dan asap dari api neraka,” (hadis sahih).

Berdoa Memohon Perlindungan kepada Allah dari Neraka
Anda dapat juga terlindung dari api neraka dengan mencari perlindungan dari Allah SWT: “Dan orang-orang yang berkata, ‘Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahanam dari kami, azabnya itu sungguh kebinasaan yang kekal. Sesungguhnya jahanam itu seburuk-buruknya tempat menetap dan tempat kediaman,” (QS. Al-Furqan : 65-66). (islampos.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.