Angkat Derajat Warga Pedesaan, Unija Sumenep Terjunkan 625 Mahasiswa

Avatar of PortalMadura.Com
Angkat Derajat Warga Pedesaan, Unija Sumenep Terjunkan 625 Mahasiswa
Pembekalan Peserta KKN Unija Sumenep

PortalMadura.Com, – Sedikitnya 625 mahasiswa () Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, diterjunkan kesejumlah pelosok desa.

Mereka akan melakukan pembinaan dalam usaha meningkatkan derajat hidup dilingkungan keluarga dan peningkatan status desa menjadi desa mandiri.

Daerah yang menjadi sasaran, yakni Kecamatan Pasongsongan, , Ambunten, dan Kecamatan Dasuk, Sumenep.

“Mereka itu, dalam rangka mengimplementasikan keilmuannya dalam pemberdayaan masyarakat sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN),” kata Wakil Ketua Panitia Sumenep, Ika Fatmawati, Senin (30/1/2017).

Dijelaskan, bahwa tugas mereka dalam melaksanaan KKN tidak sekedar menggugurkan kewajiban sebagai mahasiswa. Namun, akan dilakukan pembinaan berlanjut bagi daerah yang menjadi sasaran KKN.

“Targetnya, menjadi desa binaan kami. Sehingga dapat berlanjut setiap tahun atau secara berkala jika daerah itu membutuhkan tenaga atau pembinaan dari Unija,” tandasnya.

Dia mengatakan, untuk menjawab kebutuhan masyarakat, maka peserta KKN terlebih dahulu diberi pembekalan yang ditempatkan di aula Graha Sumekar Unija selama dua hari, dengan berbagai materi.

Misalnya, administrasi pemerintahan desa menuju desa mandiri, pemberdayaan industri rumah tangga untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga, dan pemanfaatan pekarangan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga.

Pihak panitia sengaja mendatangkan pemateri dari lembaga pemerintahan di lingkungan Pemkab Sumenep dan dosen internal Unija Sumenep.

Sementara, pesan khusus yang disampaikan Rektor Unija, Sumenep, Alwiyah, para peserta KKN agar menjaga nama baik almamater dan benar-benar mengimplementasikan keilmuannya ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

“Jadi tolong, jaga nama baik Unija dan berikan keilmuan yang sudah didapat di bangku kuliah untuk masyarakat,” tandasnya. (Ferly/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.