Antisipasi Serangan Siber di Pemilu 2024, BSSN Siapkan Langkah Mitigasi

Avatar of PortalMadura.com
Antisipasi Serangan Siber di Pemilu 2024, BSSN Siapkan Langkah Mitigasi
Antisipasi Serangan Siber di Pemilu 2024, BSSN Siapkan Langkah Mitigasi

PortalMadura.com- Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Indonesia sudah mulai mempersiapkan langkah-langkah mitigasi untuk menghadapi yang diprediksi akan meningkat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal ini dikemukakan oleh Anton Setiyawan, Ahli Madya BSSN.

Menurut Anton, BSSN telah memetakan risiko dan menyiapkan langkah-langkah mitigasi untuk melindungi sistem Pemilu dari serangan siber yang mungkin terjadi. Pihaknya berharap dapat menghindari serangan tersebut dan melindungi sistem Pemilu dengan baik.

“Kita berdoa bersama, mudah-mudahan (serangan siber) bisa kita tangkal dan hindari, sehingga Pemilu nanti bisa berjalan dengan baik, upaya-upayanya sudah kita kerjakan mulai sekarang,” ujar Anton dilansir ANTARA, Kamis, 23 Februari.

Anton juga menambahkan bahwa Komisi Pemilihan Umum () telah membangun sistem yang baik untuk dan selalu berkoordinasi dengan BSSN dalam menjaga keamanan siber. KPU juga membentuk satuan tugas (satgas) yang melibatkan berbagai stakeholder atau pemangku kepentingan terkait untuk menjaga keamanan siber.

“Kita ada satgas. Kita bekerja sama dengan teman-teman yang menyediakan infrastruktur, teman-teman di industri, kemudian Kominfo selaku yang bertanggung jawab atas konten-konten di ruang siber,” kata Anton.

Meskipun pemungutan dan penghitungan suara masih dilakukan secara manual, Anton mengingatkan bahwa rekapitulasi suara akan menggunakan sistem, sehingga upaya mitigasi serangan siber tetap harus disiapkan dengan matang.

“Saya pikir sebenarnya enggak terlalu berat, tinggal kita melindungi sistem di KPU supaya rekapitulasi dan hasil dari Pemilu bisa terjaga integritasnya, tidak dirusak orang, tidak ada yang mengganti-ganti, sehingga hasil yang disampaikan sesuai dengan yang ada di bilik-bilik suara,” jelas Anton.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.