Atribut PKI di Pamekasan Akhirnya Dibakar

Avatar of PortalMadura.Com
Atribut PKI Dibakar
Atribut PKI Dibakar

PortalMadura.Com, – Atribut Partai Komunis Indonesia (PKI) yang muncul saat pawai Ke-70 di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akhirnya dibakar, Minggu (16/8/2015).

Pemusnahan atribut berupa foto tokoh dan lambang palu arit yang berlangsung di Pendopo Ronggosukowati tersebut disaksikan langsung Bupati Acmad Syafii, Kapolres Sugeng Muntaha dan Dandim 0826 Pamekasan Letkol Arm Mawardi.

“Untuk menghindari penyalahgunaan, kami musnahkan atribut PKI ini. Tapi, sebagian yang lain sudah dimusnahkan kemarin,” kata Kapolres Pamekasan, Sugeng Muntaha kepada awak media.

Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Arm Mawardi menegaskan, pembakaran itu tidak ada maksud lain kecuali untuk menghindari pemahaman yang keliru oleh masyarakat setelah munculnya atribut PKI dalam kirab budaya yang diselenggaran pemerintah.

“Siapa tahu ada yang memiliki kepentingan dalam persoalan ini, makanya kami segera memusnahkannya,” ungkapnya usai pembakaran atribut PKI tersebut.

Karnaval HUT RI Ke-70 yang dilaksanakan oleh Pemkab Pamekasan, Sabtu (15/8/2015) menuai kritikan setelah muncul pawai utusan MKKS SMP yang memerankan PKI lengkap dengan foto tokoh lambang palu arit tanpa ada bacaan “Anti PKI” atau galis merah pada lambang sebagai simbol penolakan terhadap PKI.

Bahkan, Polisi telah memeriksa Sekda Pamekasan, Alwi Beiq, panitia karnaval dan MKKS yang memunculkan peran tersebut guna mengetahui maksud dan tujuan pawai. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.