oleh

Baca Doa Ini Agar Jadi Orang yang Cerdas

PortalMadura.Com – Pada hakikatnya, setiap orang memiliki kecerdesan yang berbeda-beda. Ada yang dengan cepat memahami sesuatu, tapi ada juga yang lambat. Walaupun hal itu bisa diasah dengan cara belajar tekun, tidak sedikit yang kemudian putus asa untuk meningkatkan kecerdasannya.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kecerdasan itu semakin meningkat. Selain dengan bersekolah yang tentu membutuhkan biaya yang banyak, seseorang juga perlu berdoa untuk menambah usaha tersebut.

Karena, Allah maha penentu seseorang bisa cerdas atau tidak. Sehingga sudah seharusnya, Anda meminta kepada Sang Pemilik keputusan untuk mendapatkan kecerdasan. Lantas bagaimana doa agar menjadi cerdas?. Berikut ulasannya:

Di zaman yang penuh dengan perkembangan seperti saat ini, maka kecerdasan dalam memahami, mengetahui dan mencerna sesuatu sangat dibutuhkan. Lihatlah bagaimana orang tua dengan sigapnya berlomba-lomba memasukan anak-anak mereka ke sekolah-sekolah favorit agar mendapatkan llmu yang dianggap mampu membawa anak mereka mengikuti perkembangan zaman.

Tidak hanya melalui jalur sekolah, vitamin, makanan bergizi serta nutrisi-nutrisi lainnya menjadi suplemen tersendiri dalam mendukung kecerdasan. Namun, usaha yang besar ini tidak jarang tidak membuahkan hasil. Meskipun sudah maksimal berusaha, namun tetap saja, daya tangkap lambat dan tidak kunjung menjadi cerdas.

Baca Juga: Bumil, Ini 5 Jenis Makanan yang Bisa Bikin Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan

Jika sudah begini, mungkin bisa introspeksi diri lagi. Ternyata, dalam berusaha untuk cerdas, yang dibutuhkan tidak hanya belajar dan minum vitamin. Namun juga berdoa kepada Yang Maha Kuasa Pemberi Kecerdasan, Allah SWT.

Pada suatu hari Saidina Ali r.a. mengadu kepada Rasullullah mengenai kelemahannya dalam mengingati sesuatu. Lalu Rasulullah mengajarkan suatu amalan yang sungguh agung.

Sekiranya diamalkan dengan tekun dan bersungguh-sungguh, pengamalnya akan memiliki ingatan yang tidak akan lupa perkara-perkara yang telah diingati. Amalan ini dibaca sebanyak 40 kali setiap selesai sembahyang Subuh dan Asar setiap hari :

Allahummaj’al nafsi nafsan thoyyibatan muthma-innatan tho-i’atan hafizhotan tu’minu biliqo-ik wa taqna’u bi ‘atho-ik wa tardho bi qodho-ik wa takhsyaka haqqo khosy-yatik la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim“.

Kemudian Sayyidina Ali menceritakan: “Setelah itu saya membacanya setiap pagi dan petang dengan tetap dan tekun. Maka Allah mengurniakan kepada saya ingatan yang tidak pernah terlihat oleh mata dan tidak pernah terdengar oleh telinga“.

Maksudnya beliau dikurniakan dengan ingatan yang sungguh menakjubkan, sehingga beliau mengaku tidak mengetahui adanya sejenis ingatan yang terlalu luar biasa seperti yang dimiliki olehnya. Inilah yang digelarkan ‘Ingatan Fotografi’.

Selain itu, orang tua juga dianjurkan untuk turut mendoakan anak-anaknya agar menjadi cerdas. Adapun doa yang bisa dibaca para orang tua adalah sebagai berikut.

Alloohummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah”. Artinya; “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

Demikian informasi tentang doa agar menjadi cerdas. Semoga bermafaat dan bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga Allah SWT senantiasa menambahkan kecerdasan dalam setiap ikhtiar yang Anda lakukan dan doa-doa yang Anda panjatkan. (infoyunik.com/Putri)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
spt tahuna
Loading...
Loading...