Bayi Sering Kaget Saat Tidur, Atasi dengan 5 Tips Ini

Avatar of PortalMadura.com
Bayi Sering Kaget Saat Tidur, Atasi dengan 5 Tips Ini
Ilustrasi (Tempo.co)

PortalMadura.Com merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi. Bahkan membutuhkan waktu banyak untuk tidur agar mendapatkan kualitas tidur yang baik. Maka kualitas tidur bayi juga harus diperhatikan oleh para Ibu. Yaitu dengan membuat suasana nyaman dan aman agar bayi tidur dengan nyenyak. Namun terkadang bayi mengalami tiba-tiba saat tidur.

Bila bayi mengalami hal ini sebaiknya ibu jangan khawatir, karena ini adalah hal yang umum terjadi pada bayi yang berusia 0 sampai 6 bulan. Hal ini memang tidak perlu dikhawatirkan, dilansir oleh PortalMadura.Com pada laman Popmama.Com ibu bisa melakukan tips berikut untuk mengatasi bayi sering kaget saat tidur.

Hindari Membedong Bayi Terlalu Ketat

Membedong bisa membuat bayi merasa hangat sehingga akan tidur dengan nyenyak. Namun membedong bayi terlalu kuat malah membuat bayi tidka nyaman sehingga bayi bisa kaget saat tidur. Sebaiknya gunakan kain yang lembut dan tidak panas agar bayi merasa nyaman saat dibedong dan merasa seperti ketika saat di rahim. Bedong bayi dengan bagian leher dan kepala tetap dibiarkan terbuka agar bayi merasa nyaman untuk bergerak.

Menempatkan si Kecil di samping Mama

Usaha kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan memposisikan bayi dekat dengan Anda. Saat bayi berada di dekat Anda maka dia akan merasa nyaman dan bisa tidur dengan nyenyak. Para bunda juga bisa memangku atau menggendong bayi hingga tertidur pulas dan letakkan bayi dengan pelan-pelan agar bayi tidak kaget.

Bangunkan Bayi

Bila bayi Anda kaget saat tidur maka Anda bisa membangunkannya dengan lembut. Namun jika Anda tidak tega unutk membangungkan maka Anda bisa mengusap bagian punggung, dada, dan kepala bayi.

Pijat Badan Bayi

Rasa kaget pada bayi saat tidur bisa disebabkan karena merasa tidak nyaman terhadap lingkungannya. Anda bisa melakukan pinjatan lembut pada bagian kaki, tangan. dada, dan punggung bayi sebelum tidur. Ini akan membuat bayi merasa rileks sehingga bisa tidur dengan nyenyak.

Jauhkan Bayi dari Pemicu Kaget

Cara yang terakhir adalah menjauhkan bayi dari pemicu kaget seperti ponsel, televisi dan lainnya. Ponsel yang tiba-tiba berbunyi dapat membuat bayi kaget. Maka dari itu letakkan barang pemicu kaget jauh dari bayi.

Itulah beberapa cara mengatasi bayi yang sering kaget saat tidur. Namun dengan bertambahnya usia, maka tidur mulai terarah sehingga tidak ada lagi gerakan tersentak saat tidur.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.