oleh

Berikut Cara Mencegah Kehamilan Pasca Berhubungan Seks

PortalMadura.Com – Mencegah kehamilan saat berhubungan intim perlu perencanaan yang baik dengan pasangan. Pasangan suami istri tidak perlu khawatir akan terjadi kehamilan yang tidak diinginkan ketika sudah memiliki perencanaan. Terutama untuk pasangan yang aktif dalam hubungan biologis.

Ada berbagai cara mencegah kehamilan dengan berbagai metode. Dilansir dari laman Popmama.Com, Kamis (22/10/2020), berikut beberapa cara ampuh mencegah kehamilan setelah melakukan hubungan intim:

Menggunakan Alat Kontrasepsi

Cara ini adalah cara umum yang banyak dilakukan pasangan yang ingin menunda kehamilan atau mengatur jarak kehamilan antara anak pertama dengan anak ke-2.

Ejakulasi di Luar

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim adalah dengan mengeluarkan sperma di luar rahim, atau ejakulasi di luar. Seperti yang kita telah ketahui, kehamilan bisa terjadi pada saat sel sperma pria bertemu dengan sel telur perempuan.

Hindari Melakukan Hubungan Intim Saat Masa Ovulasi

perempuan memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Ada yang 21 hari ada juga yang 31 hari. Saat pendarahan terhenti, saat itulah seorang perempuan mengalami masa subur atau masa ovulasi. Masa awal ovulasi disebut juga sebagai masa subur karena pada saat ini tubuh sedang bersiap melepaskan sel telur.

Gunakan Kontrasepsi Darurat

Salah satu cara mencegah kehamilan bisa menggunakan alat kontrasepsi darurat. Namun penggunaannya tentu saja perlu di bawah pengawasan dokter terlebih dahulu. Obat ini hanya mencegah pembuahan, namun tidak bisa menggagalkan atau menggugurkan pembuahan apabila sudah terjadi.

Jangan Percaya Mitos

Misalnya terkait dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti pepaya. Faktanya, buah pepaya yang dianggap dapat mencegah kehamilan ini justru kaya dengan vitamin yang baik untuk kesehatan. Jika Anda melakukan hubungan seks dan melakukan penetrasi, ditambah lagi aktivitas seks ini dilakukan pada saat masa subur, sebanyak apapun mengonsumsi pepaya tentu saja tidak akan berpengaruh.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.