Berikut Cara Sederhana Menjaga Payudara Tetap Sehat

  • Bagikan
Berikut Cara Sederhana Menjaga Payudara Tetap Sehat
Ilustrasi (malukupost.com)

PortalMadura.Com – Risiko penyakit kanker payudara adalah salah satu ancaman kesehatan besar yang kemungkinan dihadapi para perempuan. Itulah mengapa kesadaran menjaga kesehatan payudara secara pribadi wajib dilakukan setiap perempuan.

Menjaga kesehatan payudara tidaklah sulit. Dilansir dari laman Fimela.Com, Minggu (27/9/2020), berikut kebiasaan kecil yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan payudara:

Jaga Berat Badan Ideal

Kelebihan lemak tubuh akan meningkatkan produksi estrogen dalam tubuh, dan hormon yang tidak seimbang ini sangat mungkin memicu pertumbuhan sel abnormal pada payudara.

Olahraga

Cara paling mudah mengurangi kelebihan lemak tubuh adalah dengan berolahraga. Terutama menurunkan hormon estrogen dan insulin, yang mana bisa jadi pemicu kanker payudara. Ketika lemak berkurang, maka tubuh tidak akan berlebihan menghasilkan estrogen.

Makan Cokelat

Dark chocolate dikenal sebagai makanan paling sehat karena cokelat mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Enzim yang berinteraksi dengan kandungan cokelat mampu membunuh sel-sel kanker secara perlahan.

Makan Sayur dan Buah

Makan lemak sehat diimbangi dengan asupan sayuran hijau dan buah- buahan segar yang mengandung antioksidan dan vitamin mampu membantu mencegah tumbuhnya sel abnormal dan berkembangnya sel-sel kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan banyak buah dan sayuran dapat menurunkan risiko tumor payudara reseptor negatif estrogen.

Hindari minum alkohol

Alkohol bisa meningkatkan potensi kanker payudara sebanyak 21%. Daripada minum wine yang juga mengandung alkohol, ganti dengan makan buah anggur segar. Antioksidan pada kulit anggur mampu menurunkan estrogen yang mana bisa menurunkan serangan kanker payudara.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.