Berkat 8 Amal Salih Ini, Pahala Akan Terus Mengalir

Avatar of PortalMadura.com
Berkat 8 Amal Salih Ini, Pahala Akan Terus Mengalir
Ilustrasi (Republika)

PortalMadura.Com – Perbanyak sangat dianjurkan bagi kaum muslimin. Pasalnya, ini akan menjadi bekal di akhirat kelak. Apalagi melakukan amal salih yang pahalanya bisa terus mengalir meskipun sudah wafat.

Ada beberapa amal salih yang bisa Anda lakukan. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Belilah Sarung atau Mukenah

Beli alat-alat salat seperti sarung atau mukenah. Lalu sedekahkanlah ke masjid yang ramai jamaahnya. Maka setiap kali orang memakai sarung atau mukena yang disedekahkan ini, pahala orang yang salat pun juga akan mengalir kepada si pemberi.

Beri Sumbangan ke Masjid yang Sedang Dibangun

Berikanlah sumbangan ke masjid yang sedang direnovasi atau dibangun. Tidak perlu harus besar, kecil pun tak masalah. Tidak perlu disebut namanya, yang penting ikhlas karena Allah SWT.

Bisa nyumbang biaya per meternya, atau belikan 1 kardus keramiknya, 1 sak semen, atau bahkan satu kran air. Maka selama masjid berdiri dipakai untuk salat atau mengaji, pahala pun akan terus mengalir.

Wakaf Alquran

Belilah kitab suci Alquran, lalu letakkan di masjid-masjid atau di rumah-rumah tahfidz. Wakafkan Quran ini, maka selama terus dibaca, setiap hurufnya akan menjadi pahala bagi si pemberi.

Sedekah untuk Madrasah Alquran

Bersedekahlah ke sekolah atau madrasah yang mengajarkan Alquran.

Rawat Anak Yatim

Jika berani dan mampu maka tanggunglah kehidupan anak yatim. Ini seperti membeli nyawa kedua. Mungkin akan lebih dulu tua dan meninggal, sementara anak yatim yang pernah ditanggung masih tumbuh. Seluruh amal kebaikannya pun bakal menjadi wasilah bagi bertambahnya hitungan amal si orangtua asuh.

Tanggunglah Makan Guru atau Ustadz

Tanggunglah makan guru atau ustadz di sekitar. Guru yang mengajar setiap hari dengan ikhlas, mengajarkan kebaikan ke banyak anak sepanjang hidupnya. Jika ikut berbakti menanggung kehidupannya, maka akan memiliki rekening amal dari setiap kebaikan sang guru, ustadz atau orang tua. Sebab yang ikut membantu beliau untuk terus mampu memperpanjang napas dakwahnya.

Tanam Pohon

Tanamlah sebuah pohon. Menanam pohon akan sangat bermanfaat. Apalagi jika pohon ini mampu hidup ratusan tahun. Selain membantu menyediakan oksigen, barang siapa yang berteduh di bawahnya pun akan terhitung menjadi catatan amal kebaikan si penanamnya. Ini seperti memiliki pohon amal yang tiap saat bisa dipetik tanpa mengenal musiman.

Sedekah Kursi Roda

Belilah kursi roda, lalu sedekahkanlah ke klinik atau rumah sakit atau panti jompo. Maka setiap kali kursi roda ini dimanfaatkan. Bisa kita bisa bayangkan amalan-amalan baik ini pun akan terus mengalir.

Allahu a'lam bisshawab.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.