Bolehkah Pakai Veneer Gigi dalam Islam?

  • Bagikan
Bolehkah-Pakai-Veneer-Gigi-dalam-Islam
Ilustrasi (sehatQ.com)

PortalMadura.Com – Tampil cantik dan menawan tentu menjadi dambaan banyak kaum hawa. Sayangnya, semua itu tidak mudah didapat kecuali dengan melakukan perawatan, termasuk dalam urusan merawat area gigi.

Ya, kini sudah banyak orang yang ingin mengembalikan giginya menjadi putih. Karena ketika gigi putih, seseorang akan merasa percaya diri saat tersenyum ataupun ketawa terbahak-bahak. Salah satu caranya dengan penambahan veneer atau lapisan berwarna putih seperti warna gigi asli.

Umumnya veneer terbuat dari resin atau porselen dan akan menempel pada gigi dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika menempelnya lama, lantas bagaimana Islam melihat tindakan tersebut? Bolehkah dilakukan?.

Dilansir Republika.co.id dari laman aboutislam.net ulama asal Kanada Syekh Ahmad Kutty menjelaskan, jika memasang veneer hanyalah prosedur kosmetik, itu tidak diperbolehkan atau diinginkan. Namun, jika itu adalah prosedur korektif yang dimaksudkan untuk memperbaiki kelainan bentuk, maka itu diperbolehkan.

“Saya harus memperingatkan agar tidak menggunakan prosedur ini hanya untuk tujuan kosmetik, karena melakukan itu hanya untuk alasan kosmetik sama dengan mengubah ciptaan Allah,”ujaan dia.

Di sisi lain, jika itu dianggap sebagai kelainan bentuk dan susunan gigi menyebabkan emosional dan psikologis terganggu akibat ejekan dan tawa dari orang lain maka itu adalah alasan untuk melakukan operasi korektif semacam itu.

Rasulullah mengatakan kepada Aisyah: “Anda diperbolehkan untuk menghapus apa yang tidak menyenangkan dan menyebabkan kerusakan!” Salah satu prinsip hukum Islam yang diterima menyatakan, kerugian atau kerugian harus dihindari.

Ada juga pendapat dari Nabi Muhammad SAW dalam sumber bahwa ia mengizinkan para sahabatnya untuk menggunakan prosedur korektif dalam kasus gigi dan hidung patah. Wallahu A’lam.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.