Bunda, Yuk Asah Kreativitas Anak dengan Manfaatkan Kertas Koran

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Yuk Asah Kreativitas Anak dengan Manfaatkan Kertas Koran
Ilustrasi (educenter.id)

PortalMadura.Com – Beraktivitas seru bersama buah hati tidak hanya dengan cara bermain air, main mainan anak, jalan-jalan dan lain sebagainya. Namun ada sesuatu hal yang lebih menyenangkan dan bermanfaat yang bisa dilakukan.

Apa itu?. Permainan itu menggunakan . Mungkin terbilang murah meriah, tapi ini bisa mengasah . Sebagaimana yang diungkapkan oleh, Penulis Raksha Bharadia dalam bukunya Roots and Wings 2 menyebutkan bahwa salah satu hal yang bisa dilakukan orang tua bersama anak dengan koran adalah menumbuhkan minat baca.

Selain itu, apa lagi ya, Bun yang bisa dilakukan?. Yuk simak rangkuman informasinya berikut ini:

Mengenal Profesi dari Gambar di Koran
Carilah gambar orang yang dikenali anak (misalnya presiden, perdana menteri, atlet, atau bintang film). Bicarakan apa pekerjaan orang-orang itu. Diskusikan mengapa beberapa orang itu menjadi terkenal atau mereka diberitakan di koran.

“Ceritakan kepada anak-anak tentang ‘orang asing' yang ada di koran, mengenalinya sebagai orang sungguhan merupakan cara yang baik untuk memperkenalkan profesi kepada seorang anak. Bisa profesi seperti itu politikus, seniman atau bahkan seorang pemain golf,” kata Raksha.

Baca Juga: 3 Cara Tumbuhkan Kreativitas Anak Sejak Dini

Membaca Gambar
Setiap gambar itu bercerita kisah yang berbeda. Misalnya saja fenomena alam seperti tsunami, gempa bumi, gunung meletus, atau tanah longsor. Bunda dan si Kecil bisa mendiskusikan tentang penyebab, lokasi, dan langkah-langkah penyelamatan.

Dorong menjadi Kritikus
Dari artikel di koran, Bunda bisa mengajak anak mengulas film baru, program televisi, buku, maupun suatu acara. “Tanyakan apa yang dia sukai atau tidak disukai. Setelah itu, cari ulasan yang sama di koran atau internet dan membandingkan opininya.

Bunda bisa membukanya dengan kalimat, “Bunda setuju dengan.. Bunda nggak setuju dengan..” Setelah itu, mintalah anak untuk menceritakan apa yang dibacanya atau yang dipikirkan.

Simak iklan di Koran
Cobalah mengajak anak untuk mengenal slogan, gambar, atau kata kunci yang menarik perhatian serta memengaruhi keputusan untuk membeli. Anak-anak bahkan bisa didorong untuk merancang iklan untuk produk kesukaan atau penemuan baru.

Baca Juga: Moms, Kenali 5 Cara Cerdas Kembangkan Kreativitas Si Kecil

Psikolog pendidikan dari Tiga Generasi, Rafika Ariani, Mpsi, Psikolog, ketika membacakan anak cerita ke anak, sebaiknya jangan gunakan gadget. Kemudian, bacakan cerita dengan kalimat-kalimat pendek dan dengan kata yang sederhana.

“Anak membaca dengan kalimat panjang justu akan membuat mereka bingung atau bosan. Akan lebih baik lagi jika cerita yang dibacakan juga disertai gambar yang banyak sehingga lebih menyenangkan dan menarik bagi anak,” kata Rafika. (haibunda.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.