oleh

Bupati Yakinkan Pilkades Dilaksanakan di Tahun 2014

SUMENEP (PortalMadura) – Rencana Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di tahun 2014, rupanya benar-benar sudah dipikirkan dengan matang.

Pasalnya, jika harus tertunda, dengan alasan tahun 2014 ada pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg), maka akan lebih sulit untuk diundur ke tahun 2015.

“Di tahun 2015, Kabupaten Sumenep akan ada Pemilihan Bupati, sehingga tidak mungkin nantinya Pilkades ditunda lagi dan dilaksanakan di tahun 2016,” ungkapnya.

Bahkan, bupati menegaskan, bahwa tidak ada persoalan terkait dengan anggaran, karena pemerintah daerah sudah mempersiapkan untuk anggaran Pilkades di tahun 2014. Hanya saja waktunya nanti setelah pelaksanaan Pileg sekitar bulan Oktober.

iklan hari santri

Sementara, Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes), Moh Ramli, mengaku tidak ada masalah meski ada surat edaran dari Mendagri yang berisi himbauan agar pemerintah daerah menunda pelaksanaan pilkades.

“Pemkab sudah berkoordinasi dengan pusat, keputusannya bisa dilakukan tahun ini sesudah pileg,” tegasnya.

Sedangkan untuk anggaran, bisa dibahas mendahului PAK, karena sudah melakukan jalin komunikasi secara informal dengan Komisi A. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melanjutkan dengan mengirim surat resmi ke Konisi A yang membidangi pemerintahan dan hukum.

Rencananya, pilkades serentak yang akan melibatkan 90 desa itu akan dilaksanakan bulan Oktober atau Nopember tahun 2014. Pada bulan tersebut, merupakan waktu longgar dan bisa dilakukan pilkades serentak.(eno/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.