oleh

Cara Memberikan Stimulasi Kecerdasan Pada Si Kecil

PortalMadura.Com – Memiliki anak yang pintar cerdas dan memiliki keunggulan tentunya merupakan dambaan bagi setiap orang tua.  jika ingin buah hati tumbuh menjadi anak yang cerdas, Anda juga harus membantu mereka dengan memberikan stimulasi yang tepat.

Tak perlu berpikir untuk melakukan hal-hal yang rumit, karena hal sederhana yang Ibu lakukan, bisa berdampak besar bagi kecerdasan anak. Ini beberapa hal yang bisa ibu lakukan.

Siapkan Ruang Bermain Anak
John Medina, Dokter spesialis perkembangan otak mengungkap bahwa, jika si kecil diberikan ruang bermain serta mainan yang tepat, maka dengan sendirinya akan merangsang otak mereka untuk berimajinasi.

Hal ini bukan berarti Ibu harus menyediakan mainan terbaru dan mahal. Cukup sediakan kotak kosong dan crayon, dan biarkan si kecil eksplorasi. Yang penting adalah menyediakan waktu dan lingkungan yang nyaman sehingga imajinasinya bisa berkembang.

Gunakan Jari Anda
Cara paling mudah untuk mengajarkan si kecil adalah lewat jari Ibu. Caranya mudah, cukup tunjuk satu benda, lalu sebutkan nama benda tersebut. Misalnya saat Anda berjalan-jalan ke kebun binatang, tunjuklah satu binatang, “Itu harimau, asalnya dari pulau Sumatera,”. Penjelasan Ibu akan langsung terekam di memori si kecil, dan menjadi pelajaran berharga baginya.

Professor Ross Flom dari Brigham Young University mengungkap bahwa, dengan melakukan hal di atas, akan mengajarkan si kecil untuk memperhatikan hal lain di luar ibu dan dirinya. Hal ini juga berarti, kemampuan komunikasinya akan semakin meningkat.

Beri Pujian
Psikolog Claudia Mueller dan Carol Dweck dalam penelitiannya mengungkap bahwa, anak yang tumbuh dengan penghargaan dan pujian yang layak memiliki tingkat kecerdasan serta kepribadian yang lebih baik dari anak lain.

Sekecil apapun keberhasilan anak, penting bagi ibu untuk mengungkapkan kebanggaannya. Hal itu akan membuat si kecil berusaha lebih baik lagi untuk mencapai kesuksesan.

Walaupun si kecil mengalami kegagalan, maka ibu harus tetap memberinya semnagat. Hal ini akan mengajarkannya agar tak terpuruk dalam kegagalan dan terus berusaha untuk bangkit lagi meraih keberhasilan.

Mendengarkan Musik
Beberapa cara dapat anda lakukan salah satunya dengan memberikan rangsangan dengan musik tertentu salah satunya musik klasik. Selain mendengarkan musik sesekali Anda dapat menyanyikan salah satu lagu untuk membuat si kecil memprediksi dan menghafalnya. Lakukan dengan cara berulang-ulang. (sahabatnestle.co.id/choir)


Komentar