oleh

Cara Mudah Bagi Anak-anak untuk Menghafal Nama Nama Nabi dan Rasul

PortalMadura.Com Menghafal adalah aktivitas yang tidak disukai banyak orang, khususnya bagi anak-anak. Mereka lebih menyukai hal-hal ringan seperti bermain, bernyanyi, menari, dan kegiatan lainnya yang membuat otak lebih santai.

Bagi umat islam, mengetahui 25 nama Nabi tersebut adalah wajib. Namun sebagian anak-anak kadang mengalami kesulitan untuk menghafalnya secara lengkap. Sebagian lagi kadang sering mengalami lupa.

Tetapi di zaman sekarang para orang tua mulai jarang mengajari nama-nama para Nabi kepada anak-anaknya, sehingga anak-anak zaman sekarang lebih hafal menyanyikan lagu dangdut dari pada nama-nama Nabi.

Nama Nama Nabi dan Rasul

Dilansir dari laman santripedia.com, Senin (21/9/2020), Dari sekian banyak jumlah Nabi dan Rasul, ada 25 nama-nama Nabi dan Rasul yang wajib diketahui bagi umat islam.

Berikut ini adalah 25 Nama Nabi dan Rasul yang wajib diketahui:

1. Nabi Adam As.

Nabi Adam As merupakan manusia serta khalifah pertama yang diciptakan Allah SWT dari segumpal tanah.

2. Nabi Idris As.

Nabi Idris As merupakan keturunan keenam Nabi Adam As, dan beliau merupakan nabi pertama yang diangkat Allah SWT dari garis keturunan Nabi Adam.

3. Nabi Nuh As.

Nabi Nuh As diberikan beberapa mukjizat. Satu di antaranya membuat bahtera besar untuk menyelamatkan kaumnya dan kehidupan binatang dari banjir bandang.

4. Nabi Hud As.

Nabi Hud As diutus untuk mengajak kaum Aad berhenti menuhankan atau menyembah berhala. Nabi Hud mengajak kaum Aad untuk menyembah kepada Allah.

5. Nabi Saleh As.

Mukjizat yang diberikan Allah oleh Nabi Sholeh As, yakni seekor unta betina yang lahir dari celah-celah batu.

6. Nabi Ibrahim As.

Nabi Ibrahim atau “Bapak para nabi” memiliki satu di antara mukjizat dari Allah SWT untuk membangun Ka’bah.

7. Nabi Luth As.

Nabi Luth As merupakan keponakan Nabi Ibrahim As. Beliau diutus Allah SWT bagi kaum Sodom dan Gomorrah yang memiliki perilaku seks yang menyimpang.

8. Nabi Ismail As.

Nabi Ismail merupakan putra dari Nabi Ibrahim dan Siti Hajar. Beliau bersama-sama membangun Ka’bah dengan ayahnya yang saat ini menjadi pusat peribadatan kaum muslim di seluruh dunia.

9. Nabi Ishaq As.

Nabi Ishaq merupakan putra kedua dari Nabi Ibrahim As dan beliau merupakan adik Nabi Ismail As.

10. Nabi Yaqub As.

Nabi Yakub As merupakan anak Nabi Ishaq As. Dalam beberapa riwayat, Nabi Yaqub As digambarkan sebagai sosok yang memiliki karakter yang kuat dan keimanan yang luar biasa.

11. Nabi Yusuf As.

Nabi Yusuf As merupakan anak ke-12 Nabi Yaqub bin Ishaq. Mukjizat yang dimiliki Nabi Yusuf As adalah memiliki kelebihan yang mampu menafsirkan mimpi.

12. Nabi Ayyub As.

Nabi Ayub As bisa dikatakan sebagai satu di antara nabi tersabar yang pernah ada. Kehidupannya penuh kebaikan dan kaya raya.

Allah SWT mengujinya melalui penderitaan panjang dengan penyakit kulit hingga hartanya habis.

13. Nabi Syu’aib As.

Nabi Syuaib As diutus untuk kaum Madyan, namun kaum ini tetap ingkar dan menolak ajakan Nabi Syuaib As untuk menyembah kepada Allah SWT.

14. Nabi Musa As.

Nabi Musa As merupakan saudara Nabi Harun As, yang dilahirkan di Mesir ketika masa pemerintahan Raja Fir’aun. Kisah Beliau paling terkenal adalah ketika tongkat Nabi Musa As mampu membelah lautan ketika dikejar oleh Raja Fir’aun.

15. Nabi Harun As.

Nabi Harun As adalah saudara Nabi Musa As yang membantunya berdakwah untuk mengingatkan Fir’aun. Beliau dikaruniai kemampuan berbahasa yang luar biasa.

16. Nabi Zulkifli As.

Nabi Zulkifli As adalah satu di antara utusan Allah SWT yang terkenal dengan kesabaran serta sifat dermawannya. Nabi Zulkifli As adalah anak satu-satunya dari Nabi Ayyub As yang selamat dari reruntuhan rumah.

17. Nabi Daud As.

Nabi Daud memiliki mukjizat kitab Zabur. Selain itu, beliau juga memiliki kemampuan dapat berkomunikasi dengan burung, memiliki suara merdu dan bisa melunakkan besi dengan tangan kosong.

18. Nabi Sulaiman As.

Satu di antara mukjizat Nabi Sulaiman As adalah bisa bicara dengan binatang.

19. Nabi Ilyas As.

Nabi Ilyas As merupakan utusan Allah SWT bagi kaun Bani Israil yang gemar menyembah patung yang diberi nama Ba’al.

20. Nabi Ilyasa As.

Nabi Ilyas As diutus oleh Allah SWT pada kaum Bani Israil dan Arami supaya mereka mau kembali ke jalan yang benar, yakni di jalan Allah SWT.

21. Nabi Yunus As.

Mukjizat Nabi Yunus As yang terkenal adalah tetap selamat ketika ditelan ikan Paus.

22. Nabi Zakaria As.

Nabi Dzakaria As merupakan keturunan Nabi Daud As dan Nabi Sulaiman As.

23. Nabi Yahya As.

Nabi Yahya As adalah anak dari Nabi Zakaria As yang lahir ketika usianya sudah sangat tua. Nabi Yahya As adalah seorang manusia yang berprinsip, integritasnya tinggi serta benar-benar menegakkan kebenaran.

24. Nabi Isa As.

Nabi Isa As terlahir dengan mukjizat Allah SWT pada seorang perempuan suci bernama Maryam. Beliau mendapatkan mukjizat kitab Injil dan menjadi nabi dari umat Nasrani.

25. Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir sekaligus penutup. Mukjizat Nabi Muhammad SAW adalah kitab suci Al-Qur’an.

Kitab suci Al-Qur’an sebagai kitab suci yang terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya yang diturunkan oleh Allah SWT.

Menurut Ang Rifkiyal, menghafal nama-nama Nabi baiknya menggunakan lagu agar mudah dihafal. “Lirik lagu yang digunakan harus fokus pada nama-nama Nabi saja dan tidak melebar ke sana ke mari, sehingga yang dihafal lebih ringkas dan efisien, serta tidak butuh waktu yang lama.”

Selain itu dalam tahapan menghafal baiknya dilakukan secara bertahap. Dibuatkan blok per blok hafalan,” Ujar Ang Rifkiyal yang juga merupakan pimpinan Yayasan Riyadul Amin tersebut.

Lebih jelasnya bisa dilakukan seperti dibawah ini:

Dahulukan membaca bismillah sebelum menghafal. Gunakan irama untuk menghafal. Disini, bisa menggunakan irama lagu “Naik Delman” (pada hari minggu ku turut ayah ke kota) sebagai media bantu dalam menghafal nama-nama Nabi dan Rasul.

Buat blok hafalan, bisa dibagi 4 blok sehingga menghafal bisa secara bertahap, menyelesaikan blok per blok terlebih dahulu. Utamakan mengahafal dimulai setiap pagi hari, dan pengulangan dilakukan setelah salat fardu sebagai bentuk wirid. Diniatkan untuk ibadah.

Rewriter : Muthmainnatul Lizamah
Sumber : santripedia.com

Komentar